SD Negeri 1 Temboro Karangtengah Gelar Inovasi PARSIAL

SD Negeri 1 Temboro Karangtengah kembali melaksanakan Program Inovasi Sekolah Parenting Berbasis Potensi Lokal (PARSIAL) pada Kamis, 16 Juli 2022. Program inovasi ini mulai dirintis dan dilaksanakan sejak 2019 hingga sekarang. Program Parenting SD Negeri 1 Temboro disusun sebagai upaya memberdayakan orang tua dan masyarakat sekitar untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mengarah pada pemanfaatan potensi lokal yaitu pengolahan hasil tanaman lokal dan sejenisnya yang dikemas dalam pembelajaran bersama antara guru, siswa, dan orang tua. Masing-masing kelas dapat menentukan sendiri materi yang akan dipelajari dalam pelaksanaan program kegiatan PARSIAL. Program Inovasi PARSIAL bertujuan menjalin komunikasi yang efektif, memberikan pengalaman belajar yang bermakna sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar, dan memanfaatkan potensi lokal sebagai sumber belajar siswa dengan mengubah dari bahan mentah menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih. Di samping melaksanakan Program Inovasi Sekolah PARSIAL, SD Negeri 1 Temboro juga mengadakan kegiatan Marketing Day sebagai sarana pemasaran hasil produk parenting serta menggelar lomba mewarnai dan bernyanyi tingkat TK/PAUD sewilayah Karangtengah dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila.

SD Negeri 1 Temboro dalam menyelenggarakan Program Inovasi Sekolah PARSIAL mendapat dukungan dari berbagai unsur di lingkungan setempat. Kegiatan ini dihadiri oleh Tri Wiyatmoko selaku Camat Karangtengah, Maryono selaku Korwilcambidik Karangtengah, Sriyanto selaku Kepala Desa Temboro, Sutrisno selaku Kepala Dusun Joso, Sugi selaku Juri 1, Hadi Haryatmo selaku Juri 2, dan Sarmin selaku Ketua Komite SD Negeri 1 Temboro. Selain tamu undangan dan juri lomba, acara tersebut juga dihadiri oleh guru dan siswa TK/PAUD sewilayah Karangtengah. Acara diawali dengan pelaksanaan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Tri Wiyatmoko Camat Karangtengah di halaman sekolah. Kemeriahan acara dan antusiasme dari seluruh peserta lomba yang hadir sangat terasa sejak awal kedatangan mereka di SD Negeri 1 Temboro.

Program Inovasi Sekolah PARSIAL dilaksanakan di ruang kelas oleh guru, siswa, dan orang tua. Mereka melakukan pembelajaran secara kolaborasi dengan memberikan pengajaran secara bersama-sama sesuai dengan materi potensi lokal yang telah dipilih sebelumnya. Adapun produk unggulan dari masing-masing kelas yaitu pengolahan susu kedelai dari Kelas 1, kue tradisional setempat (apem) dari Kelas 2, pengolahan berbagai macam jenis tanaman obat/jamu tradisional (jahe, kunyit, beras kencur, temulawak) dari Kelas 3, tahu walik krispi dan keripik daun janggelan dari Kelas 4, serta jenang dodol dari Kelas 5. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan Marketing Day atau pemasaran produk yang bertujuan memperkenalkan siswa pada kegiatan ekonomi (jual/beli) sekaligus mengasah keterampilan berbahasa dan kemampuan berhitung mereka. Dari keseluruhan rangkaian acara yang digelar SD Negeri 1 Temboro ditutup dengan pengumuman kejuaran lomba mewarnai dan bernyanyi tingkat TK/PAUD.