Keren, SDN 4 Jatisrono Sambut dan Kawal Presiden

Sabtu, 15 Pebruari 2020 merupakan hari bersejarah bagi siswa SD Negeri 4 Jatisrono. Hari itu menjadi sejarah yang indah karena siswa SDN 4 Jatisrono dapat melihat langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selain itu, mereka juga dapat menyapa Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Ibu Dr. Dra Yuli Bangun Nursanti, M. Pd.

Presiden Jokowi meresmikan lahan agroforestry di desa Jatisari Kabupaten Wonogiri

Presiden Jokowi meresmikan lahan agroforestry di desa Jatisari Kabupaten Wonogiri

Pagi yang cerah seakan bersahabat dengan siswa SDN 4 Jatisrono untuk mempersiapkan diri menyambut kehadiran presiden. Dengan seragam pramuka lengkap dan bendera merah putih di tangan, siswa berjajar rapi di pinggir jalan utama jalur lintas presiden yang akan meresmikan lahan agroforestry di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Agroforestry adalah wanatani-wana artinya hutan dan tani artinya bertani. Jadi agroforestry adalah pengelolaan sumber daya hutan atau lahan dengan tanaman keras yang dipadukan dengan tanaman komoditas pertanian seperti jagung, kedelai, sayuran dan palawija.

Antusiasme siswa SDN 4 Jatisrono menyambut para pemimpin negeri ini menyeruak dalam lantunan lagu-lagu nasional yang menggema sepanjang barisan pagar betis siswa SDN 4 Jatisrono yang telah bersiap diri dari pukul 07.00 pagi. Pada pukul 08.30 WIB, Ibu Yuli Bangun Nursanti, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri berkenan menyapa dan berfoto bersama siswa SDN 4 Jatisrono.

Paspampres Izan Nugroho, Alumni SDN 4 Jatisrono (berkaos sebelah kiri) bersama Bapak Samidi, S.Pd, kepala SDN 4 Jatisrono (tengah)

Paspampres Izan Nugroho, Alumni SDN 4 Jatisrono (berkaos sebelah kiri) bersama Bapak Samidi, S.Pd, kepala SDN 4 Jatisrono (tengah)

Satu jam kemudian, menyusul rombongan Bapak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah membuka jendela mobilnya dan melemparkan sebuah bola kaki yang langsung di tangkap oleh salah satu siswa kelas IV, sorak sorai anak-anak berterima kasih dan melambaikan bendera mengiringi melintasnya rombongan Gubernur Jawa Tengah.
Kurang lebih pukul 10.00 WIB, kami menyaksikan rombongan yang di kawal pasukan polisi bersepeda motor harley. Sepeda motor besar dan gagah itu membuat kami kagum. Hal lain yang tak kalah membuat kami kagum adalah melintasnya sebuah mobil dengan tulisan “INDONESIA” di papan nomor polisinya. Sesaat kami seakan terpaku melihat sosok berbaju putih dalam mobil yang melambaikan tangan tampak dari jendela mobil. Seakan tersadar, spontan kami serentak berteriak histeris “Pak Jokowi, Pak Jokowi. Wah, benar-benar suasana yang menarik kami bisa melihat Presiden Indonesia dari dekat. Sayangnya acara langka tersebut hanya sekejap saja. Meskipun begitu, sudah cukup membuat kami merasa bangga dan bahagia.

Rizki Andrean siswa kelas 6 SDN 4 Jatisrono mendapat bola dari Pak Ganjar Pranowo

Rizki Andrean siswa kelas 6 SDN 4 Jatisrono mendapat bola dari Pak Ganjar Pranowo

Ada hal lain yang membuat kami bertambah bangga. Salah satu Pasukan Pengaman Presiden adalah alumni SDN 4 Jatisrono, tempat kami belajar. Dia adalah Izan Nugroho, siswa yang lulus pada tahun pelajaran 2005/2006. Tentu saja, hal itu menjadikan kami lebih bersemangat dalam belajar, agar kelak dapat mengikuti jejak Izan Nugroho. Hari ini, sungguh merupakan pengalaman berharga bagi kami, dapat bertemu dengan Presiden Republik Indonesia. Selamat jalan Pak Jokowi, terimakasih atas kunjungannya ke kampung kami, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, semoga berkenan dan berkesan di hati.

Kontributor :

Tri Winarni, Guru SDN 4 Jatisrono