Sawar Satam SMPN 1 Ngadirojo Wujudkan Adiwiyata Mandiri

Pada hari Jumat 11 November 2022 SMP Negeri 1 Ngadirojo yang merupakan sekolah adiwiyata nasional di Kabupaten Wonogiri mengadakan Gerakan Sawar Satam yang merupakan akronim dari satu orang warga sekolah satu tanaman, ini merupakan rangkaian HUT ke-41 SMP Negeri 1 Ngadirojo. Kegiatan ini dimulai pukul 07.00 di lapangan upacara, seluruh warga sekolah membawa satu tanaman terbaik yang dimiliki. Dari seluruh tanaman yang dibawa tanaman jahe dan lidah mertua yang paling banyak, karena tanaman tersebut merupakan tanaman unggulan di SMP Negeri 1 Ngadirojo untuk mewujudkan sekolah adiwiyata mandiri. Gerakan adiwiyata ini  juga mendukung program dari pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk meraih penghargaan Adipura.

Acara pertama adalah pembukaan dari Sri Lestariningsih yang merupakan pembawa acara, dilanjutkan dengan laporan dari Pudi Sri Maryatmo yang merupakan ketua program adiwiyata di SMP Negeri 1 Ngadirojo. Program ini merupakan salah satu penjabaran visi sekolah yaitu mewujudkan warga sekolah yang disiplin dalam bersikap, luhur dalam berperilaku, unggul dalam berprestasi, maju dalam teknologi dan berwawasan lingkungan. Bahwa kegiatan ini merupakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (GPBLHS), yang akan menanamkan karakter seluruh warga sekolah untuk selalu merawat dan melestarikan lingkungan dan mewujudkan karakter peduli lingkungan, peduli sosial, disiplin dan tanggungjawab. Program sawar satam ini merupakan salah satu program adiwiyata SMP Negeri 1 Ngadirojo untuk mewujudkan sekolah adiwiyata mandiri. Acara selanjutnya pembacaan doa oleh Kasdi yang merupakan guru PAI di SMP Negeri 1 Ngadirojo.

Dilanjutkan sambutan dan arahan dari Warno yang merupakan Kepala SMP Negeri 1 Ngadirojo. Beliau menyampikan apresiasai kepada seluruh warga sekolah dari perencanaan sampai pelaksanaan program Sawar Satam. Program ini mendukung gerakan pemerintah yaitu Gerakan perilaku dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS ). Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah yang merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH) yang merupakan sikap dan tindakan warga sekolah dalam menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup. Gerakan PBLHS bertujuan untuk perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup, peningkatan kualitas lingkungan hidup, upaya dalam mendukung ketahanan bencana warga sekolah. Diakhir sambutannya beliau membacakan komitmen warga sekolah yang di tirukan oleh seluruh warga sekolah. Komitmen ini berisi “Dengan Sepenuh Hati, Kami Warga SMP Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri, Berkomitmen, Siap Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri”. Acara selanjutnya dilaksanakan pemilahan tanaman dan penanaman oleh seluruh warga sekolah. Kepala Sekolah secara simbolis menanam jahe dan lidah mertua yang merupakan tanaman unggulan di dampingi olah OSIS SMP Negeri 1 Ngadirojo yang merupakan kader adiwiyata.