Guru di Slogohimo Mulai "Terprovokasi" Program Guru Belajar

Sabtu, 30 Januari 2021 menjadi hari yang bersejarah bagi kalangan guru di Kecamatan Slogohimo. Pasalnya ratusan guru yang terdiri dari guru kelas SD, guru agama, guru olahraga, dan Kepala Sekolah tergabung dalam 1 forum untuk mengikuti kegiatan pembukaan KKG bersama. Untuk membuka lembaran tahun 2021 FKKG bekerjsama dengan KKKS mengadakan kegiatan KKG yang dilakukan secara daring, mengingat saat ini wilayah Wonogiri masih menerapkan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

KKG perdana di penghujung bulan Januari ini mengambil judul Asesmen Nasional, mengingat materi ini masih terbilang hangat, tepatnya pada 22 Desember 2020 kemarin program ini baru diluncurkan oleh Nadiem Makarim selaku Mendikbud. Gayungpun bersambut, materi tentang Asesmen Nasional ini segera disikapi oleh FKKG Kecamatan Slogohimo dengan menjadikan materi AN (Asesmen Nasional) menjadi bagian penting dan harus disampaikan kepada semua guru.

Memanfaatkan fasilitas dari Microsoft Teams, Pukul 09.00 WIB sebagian besar guru sudah siap hadir dalam room meeting. Sejurus kemudian acara dibuka oleh Bapak Ismiyanto, S.Ag selaku ketua K3S. Hadir sebagai narasumber sekaligus Korwilcambiddik dalam KKG ini Bapak Sutarman S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan materi terkati teknis pelaksanaan AKM khususnya bagi guru dan siswa di Kecamatan Slogohimo. Melanjutnya paparan materi dari Bapak Sutarman, Uyik Suyanto sebagai narasumber ke dua. Dalam paparanya Uyik Suyanto memberikan informasi yang sangat mendalam terkait AKM dan Bimtek Guru Belajar Seri AKM. Menjadi fokus utama adalah bagimana guru-guru di Slogohimo tergerak untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarak oleh Kemdikbud melalui https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/. Sebuah bimtek yang sangat menguntungkan guru, sebab setelah mengikuti bimtek ini para guru akan mendapatkan ilmu, relasi, dan sertifikat 32 jam yang dapat dinilaikan untuk kenaikan pangkat.

Seolah sukses menjadi provokator, apa yang disampaikan narasumber disambut antusias oleh peserta. Pasalnya belum usai acara banyak yang bertanya terkait kegiatan bimtek tersebut. Rupanya guru-guru tertarik untuk mendapatkan info tentang AKM langsung dari Kemdikbud. Bagaimana? Bapak Ibu sudah menjadi bagian dari Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum? Kalau belum, segera daftarkan diri Anda!