Sambut Merdeka Belajar, Tim Pengembang Konten Resmi Dikukuhkan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mengukuhkan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran, Rabu (11/3), di aula dinas setempat. Kegiatan ini digelar bersamaan dengan peluncuran/launching website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dan seminar inovasi pembelajaran.

Kegiatan ini dihadiri Kepala BPMP Kemendikbud, Kepala BPTIK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, anggota Komisi IV DPRD Wonogiri, dan perwakilan Bapeda Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini menghadirkan kepala SD dan SMP Kabupaten Wonogiri, Microsoft Inovator Educator (MIE) Kab. Wonogiri, tamu undangan dan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran.

Kegiatan dibuka dengan laporan ketua panitia, Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Retno Puspito Rini. Kabid PTK menyampaikan tujuan dibentuknya Tim Pengembang Konten dan anggaran yang digunakan. “Semua didanai dari ‘APBN’, yaitu tunjangan struktural kami, tunjangan profesi teman-teman guru, juga honor teman-teman guru non-PNS,” tegas Kabid PTK.

Tarmanto, Komisi IV DPRD Kabupaten Wonogiri mengapresiasi karya para guru Kabupaten Wonogiri. “Selamat dan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atas pengukuhan Tim Pengembang Konten dan launching website dinas. Para guru ini telah membuktikan prestasinya, meskipun guru dari desa ,” imbuh Tarmanto.

Kepala BPTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Bagus Surjanto, menyatakan dukungannya. BTIKP siap mendukung Tim Pengembang Konten. “Silakan sampaikan apa yang dibutuhkan untuk pengembangan konten. Kami siap memfasilitasi,” tegas Bagus.

Pengukuhan Tim Pengembang Konten dilakukan oleh Kadinas P dan K Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 28 guru dan kepala sekolah dikukuhkan untuk selanjutnya bekerja dalam pengembangan konten pendidikan dan pembelajaran. Tim ini dirinci dalam beberapa bidang, yaitu pengembangan website, pengembangan aplikasi, pengembangan konten pembelajaran, publikasi dan festival, serta pengembangan seni dan budaya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti, menyampaikan gerakan Merdeka Belajar yang disampaikan Mendikbud disambut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten dengan pengembangan pendidikan berbasis data. “Harapan dari Pak Menteri akan dapat terpenuhi dengan pembentukan tim ini. Selamat bekerja kepada Tim Pengembangan Konten,” pungkas Kadinas P dan K. (AD)

Materi seminar:

  1. Materi 1: [klik di sini]
  2. Materi 2: [klik di sini]