Sambangi SMP Negeri 3 Satap Jatiroto Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Memberi Motivasi

Dalam rangka menyukseskan rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 di desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan Parenting Bersama Orang Tua/Wali PAUD pada Selasa, 9 Maret 2021 di Balai Desa Brenggolo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti.

Di sela-sela kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyempatkan diri berkunjung ke SMP Negeri 3 Satap Jatiroto. Kebetulan saat ini 5 ruang kelas SMP Negeri 3 Satap Jatiroto digunakan sebagai tempat istirahat TNI yang sedang bertugas dalam rangka TMMD di Desa Brenggolo. Kunjungan ini sekaligus digunakan untuk melaksanakan pembinaan dan motivasi kepada Guru/karyawan SMP Negeri 3 Satap Jatiroto. Kegiatan pembinaan tersebut diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, dan karyawan SMP Negeri 3 Satap Jatiroto.

Winarno, Kepala SMP Negeri 3 Satap Jatiroto menyampaikan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang berkenan “mampir” ke SMP Negeri 3 Satap Jatiroto. Selanjutnya Winarno melaporkan profil guru dan tenaga kependidikan yang terdiri dari 14 Guru yang notabene 11 guru masih berstatus GTT. Winarno juga mohon pencerahan dan do’a restu agar Bapak/Ibu guru bisa diterima sebagai ASN P3K dan 3 karyawan yang semua masih PTT. Jumlah siswa sebanyak 159 yang terdiri kelas VII ada 47 siswa, kelas VIII ada 57 siswa dan kelas IX ada 55 siswa. Dilaporkan pula bahwa selama kegiatan TMMD di desa Brenggolo, 5 ruang kelas digunakan oleh TNI untuk istirahat dan keperluan ibadah (mengingat siswa masih dalam masa PJJ).

Dalam pembinaannya, Yuli Bangun Nursanti menyampaikan apresiasi kepada GTT dan PTT yang selalu semangat dalam bekerja melaksanakan tugas-tugasnya. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam masa pandemi ini Bapak/Ibu Guru sebagai pendidik harus tetap semangat melayani peserta didik sebaik-baiknya dengan segenap kemampuan dan fasilitas yang ada.

Selain itu, pesan beliau terutama kepada Bapak/Ibu Guru GTT yang akan mengikuti seleksi ASN P3K diminta untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, rajin berlatih soal-soal, sering diskusi dan kalau mungkin ikut bimbingan atau program Guru Belajar karena semua butuh proses untuk bisa menuju kesuksesan. Beliau juga mendo’akan semoga semua GTT di SMP Negeri 3 Satap Jatiroto diterima sebagai ASN P3K.

Terkait ruang kelas yang digunakan istirahat TNI, itu merupakan wujud partisipasi dan sumbangsih kita dunia pendidikan dalam rangka ikut mensukseskan kegiatan TMMD di Desa Brenggolo dan itu merupakan salah satu kegiatan bela negara dan cinta tanah air, yang penting dijaga fasilitas dan kebersihannya. Beliau juga meminta untuk di dokumentasikan dengan baik sehingga bisa menginspirasi peserta didik SMP Negeri 3 Satap Jatiroto. Disampaikan pula kegiatan TMMD salah satunya membangun jembatan yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini berarti kelak bisa memajukan ekonomi masyarakat Brenggolo dan sekitarnya, dan itulah bagian dari membangun negeri.

Di akhir pembinaan Bu Kadin berpesan kepada Bapak/Ibu Guru Karyawan SMP Negeri 3 Satap Jatiroto untuk tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan, serta berdo’a semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga proses belajar mengajar kembali normal.