Ribuan Guru PPPK se-Kabupaten Wonogiri Ikuti  Program Induksi Bagi Guru Pemula

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan pendampingan bagi Guru PPPK yang mulai bertugas 01 Juli 2022, pada Selasa (8/11). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan dan pemantauan pelaksanaan Program Induksi Bagi Guru Pemula (PIGP) yang dimulai pada tanggal 01 Oktober 2022 sampai dengan 30 September 2023. Jumlah Guru PPPK peserta kegiatan ini dari jenjang SD sebanyak 2.439 orang sedangkan SMP 258 orang. Regulasi yang menjadi dasar pelaksanaan PIGP antara lain Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru, serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2010 Tentang Program Induksi bagi Guru Pemula.

Pendampingan dilaksanakan secara bertahap mulai tanggal 8 s.d. 10 November untuk jenjang SMP bertempat di lima subrayon yakni SMPN 2 Wonogiri, SMPN 1 Manyaran, SMPN 1 Baturetno, SMPN 1 Sidoharjo dan SMPN 1 Purwantoro. Sedangkan untuk jenjang SD dilaksanakan tanggal 10 s.d. 18 November 2022 di Aula kantor Korwilcam Biddik Kecamatan. Rangkaian kegiatan pendampingan sesuai dengan penjadwalan dimulai dengan acara pembukaan, sambutan pembinaan dan pengarahan oleh Tim Dinas, dilanjutkan pemaparan materi oleh Tim Narasumber. Personil yang bertugas memberikan motivasi, pembinaan keprofesian dan disiplin ASN  terdiri dari unsur pejabat struktural dan staf pelaksana Bidang PTK, adapun Tim Narasumber dari unsur Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Materi yang disampaikan antara lain  Kebijakan PIGP, Konsep Dasar PIGP, Peran Kepala Sekolah dalam PIGP, Peran Guru Pembimbing dalam PIGP. Kegiatan pendampingan diharapkan dapat membekali pemahaman mengenai substansi PIGP.

Program Induksi bagi Guru Pemula merupakan kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan dan praktek pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran dan bimbingan konseling bagi guru pemula di tempat tugasnya selama 12 bulan dalam binaan Guru Pembimbing, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Program induksi sangat diperlukan bagi guru pemula sebagai salah satu syarat jabatan fungsional guru, utamanya agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah untuk melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di unit kerja masing-masing. Semoga kinerja para guru profesional dapat mendukung Kabupaten Wonogiri yang pinter rakyate, sehingga terwujud masyarakat yang maju mandiri dan sejahtera, Go Nyawiji Sesarengan mBangun Wonogiri.A