Revitalisasi Forum Kelompok Kerja Guru PJOK

Dalam menyambut pembelajaran semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten wonogiri dalam hal ini Forum Kelompok Kerja Guru PJOK mengadakan webinar Revitalisasi Forum Kelompok Kerja Guru PJOK yang di selenggarakan pada hari senin 4 januari 2021. Sebagai host David Anggar Kusuma, S.Pd., dan sebagai moderator Arnita Wulandari, S.Pd  . Dalam webinar ini lebih dari 200 guru PJOK se Kabupaten wonogiri turut berpartisipasi.  Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri  Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd. sekaligus sebagai presenter, Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Retno Puspito Rini, SH. M.Hum., dan Gino, S.Pd. M.Pd Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

              Acara yang di mulai pada pukul 10.00 WIB di awali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Do’a oleh  Agus Wiyanto, S.Pd (Ketua KKG PJOK Kec. Wonogiri), Laporan kegiatan oleh Sri Gunawan, S. Pd (Ketua FKKG PJOK Kabupaten Wonogiri).

Sambutan yang disampaikan oleh Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd menyampaikan kondisi masih pandemi covid-19 sampai sekarang ini khususnya di wonogiri masih masuk zona merah.  Tiga hal penting yang harus di perhatikan oleh guru PJOK yaitu olah rasa, olah rasio dan olah raga. Guru mengedukasi siswa khususnya masalah kesehatan di tengah pandemi  untuk tetap menjaga imunitas dan kesehatan walau beraktivitas di rumah.

Materi yang dipaparkan oleh Kabid PTK  mengawali dengan menyampaikan kondisi sebenarnya  guru Penjasorkes di Wonogiri sebanyak 351 guru PNS dan  175 guru GTT ber SK Bupati. Pergerakan 1 tahun terakhir peningkatan kompetensi GTK Guru Penjas khususnya bagi guru Profesinal / Guru yang sudah menerima tunjangan profesi harus ditingkatkan. Empat Kompetensi yang harus di capai oleh seorang guru yaitu: Kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Di siplin bagi PNS perlu di perhatikan khususnya terkait dengan presensi melalui aplikasi Hadirku. Jangan sampai ada lagi ASN yang masih mempermainkan presensi. Terkait PJJ peran guru penjas tetap mewujudkan tujuan belajar dari rumah selama pandemi, kesehatan peserta didik tetap menjadi prioritas utama. Karakteristik guru penjas: Disiplin dan Cekatan, menjadi teladan yang baik.

Pemaparan materi  oleh Gino, S. Pd selaku Kabid Dikdas menyiapkan perangkat pembelajaran untuk PJJ baik itu RPP, Materi Pokok, LKPD (lembar kerja peserta didik) dan evaluasi pembelajaran.  Dua hal Penting yang perlu diperhatikan oleh guru selama PJJ  selain pembelajaran regular juga perlu diperhatikan pembinaan prestasi siswa walau dengan daring.