Reorganisasi Pengurus MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono

MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono menggelar pertemuan secara daring dengan agenda Reorganisasi Pengurus Periode 2021-2024 (Rabu 10/3/2021). Kegiatan tersebut dihadiri semua pengurus lama dan guru IPS se-Subrayon 04 Jatisrono, sebanyak 38 guru yang berasal dari 15 sekolah di Subrayon 04 baik sekolah negeri maupun swasta. Pertemuan dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB. Tampil sebagai moderator adalah Diyat Handy Guru SMP Negeri 4 Jatisrono. Acara diawali dengan pembukaan  dilanjutkan laporan pertanggungjawaban pengurus lama periode 2018-2021.

Sularto, selaku ketua pengurus lama dalam sambutannya menyampaikan titipan pesan dari Basuki, selaku Koordinator MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono, yang kebetulan berhalangan hadir karena bersamaan dengan agenda kegiatan kedinasan yang lain. Basuki mengucapkan selamat atas terselenggaranya reorganisasi pengurus MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono  periode 2021-2024. Beliau menyampaikan terima kasih kepada pengurus MGMP IPS Subrayon 04 periode 2018-2021 dan berharap kegiatan-kegiatan positif yang telah dilaksanakan oleh pengurus lama dapat dilanjutkan oleh pengurus baru. Pengurus baru agar membuat terobosan-terobosan program kegiatan yang sangat dibutuhkan guru saat ini, baik untuk meningkatkan kompetensi maupun kepentingan kenaikan pangkat. Selanjutnya Sularto selaku Ketua MGMP IPS Subrayon 04 periode 2018-2021 dalam laporan pertanggungjawabannya menyampaikan beberapa hal meliputi kelembagaan MGMP, program kerja, laporan keuangan, hasil yang dicapai dan hambatan-hambatannya. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada koordinator dan para anggota MGMP IPS Subrayon 04 atas kepercayaan yang diberikan, kerjasama dan dukungannya sehingga pengurus dapat menyelesaikan tugas hingga akhir masa jabatan. Sularto juga berharap pengurus baru nanti lebih baik lagi dan seluruh anggota MGMP mendukung sepenuhnya sehingga menjadikan MGMP wahana berbagi, belajar dan meningkatkan diri.

Setelah laporan pertanggungjawaban pengurus lama selesai, dilanjutkan pemilihan pengurus baru periode 2021-2024. Acara reorganisasi dipandu oleh Prasnowo Wibawanto, yang menyampaikan beberapa tahapan pemilihan pengurus MGMP IPS Subrayon 04 sebagai berikut, (1) berdasarkan rapat koordinasi pengurus MGMP IPS 4 Maret 2021 di Sidoharjo, dihadiri seluruh pengurus yang mempresentasikan keterwakilan dari Kecamatan Sidoharjo, Girimarto, Jatisrono, dan Jatiroto (kecuali Kecamatan Jatipurno), (2) menerima usulan dan masukan dari anggota tentang pelaksanaan reorganisasi pengurus MGMP IPS Subrayon 04 periode 2021 –2024, (3) membentuk tim formatur untuk menentukan kepengurusan MGMP IPS Subrayon 04 periode 2021-2024 yang akan dilaksanakan Rabu, 10 Maret 2021 secara daring, (4) menyepakati antar anggota untuk mengajukan 3 kandidat calon ketua yaitu, Prasnowo Wibawanto, Diyat Handi Purwosunu Hasan dan Sularto.

Hasil kerja tim formatur membentuk kepengurusan MGMP IPS Subrayon 04 periode 2021- 2024, Prasnowo Wibawanto Guru SMP Negeri 2 Girimarto sebagai ketua didampingi Sularto Guru SMP Negeri 1 Sidoharjo sebagai wakil ketua. Sekretaris Diyat Handi Guru SMP Negeri 4 Jatisrono dan Haryanti dari SMP Negeri 3 Sidoharjo. Bendahara Narti Guru SMP Negeri 3 Girimarto. Pengurus juga dilengkapi dengan 2 orang anggota ,  Eny Budiarsi Guru SMP Negeri 1 Jatisrono dan  Supriyanto Guru SMP Negeri 2 Jatiroto.

Acara  diakhiri ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena  reorganisasi pengurus MGMP IPS Subrayon 04 berjalan dengan lancar, disertai doa dan harapan semoga  kepengurusan baru dapat bekerja lebih baik dan membawa kemajuan bagi MGMP IPS Subrayon 04  khususnya dan MGMP IPS Rayon pada umumnya.