Rayakan HUT Ke-75 RI  Gugus Paud Tirtomoyo Gelar Lomba Bercerita

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Repubik Indonesia yang diadakan pada tanggal 17 Agustus 2020 terasa berbeda dari sebelumnya. Sebab, tahun ini, masyarakat harus bergulat melawan pandemi COVID-19. Lomba Agustusan masa pandemi pun jadi hal yang sulit dilakukan. Tapi, bukan berarti kemeriahan HUT ke-75 RI harus berakhir sepi tanpa kegiatan. Kita bisa mengadakan lomba dengan cara alternatif tanpa harus berkerumun dan bisa dilakukan jarak jauh.

Beragam lomba Agustusan dirancang sedemikian rupa demi merasakan sensasi yang berbeda tiap tahunnya dengan antusias, gelak tawa dan keceriaan selalu mewarnai perlombaan. Perlombaan yang biasanya digelar sepertinya harus diubah di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Dibutuhkan ide kreatif supaya lomba Agustusan tetap terlaksana dengan menyenangkan.

Lomba bercerita dengan Tema Pahlawan untuk memeriahkan HUT ke-75 RI, dengan cara mengirim video bercerita. Guru diberi kesempatan dalam membuat video kurang lebih 3 minggu pada bulan Agustus 2020 dan tanggal 31 Agustus 2020 adalah batas akhir pengiriman video.

Lomba bercerita dengan tema pahlawan melalui video diapresiasi oleh Korwil Kecamatan Titomoyo Bapak Drs. Eko Sri Hartanto, M.Pd, beliau berharap lomba  seperti ini dapat meningkatakan kemampuan guru dalam pembelajaran dan kedepannya guru bisa membuat video pembelajaran untuk anak didik. Dalam perlombaan tersebut sebagai Juri adalah Pengawas SD Kecamatan Tirtomoyo Bapak Sutarman, S.Pd., M.Pd., Bapak Sartono, S.Pd., M.Pd dan Pengawas TK Kecamatan Tirtomoyo Ibu Martinah, S.Pd. M.Pd.

Lomba diikuti oleh wakil dari Gugus yang ada di kecamatan Tirtomoyo yang berjumlah 7 Gugus yaitu Gugus Melati 1, Gugus Melati 2, Gugus Melati 3, Gugus Melati 4, Gugus Melati 5, Gugus Melati 6 dan Gugus Melati 7 dari 7 peserta diambil 3 Juara dan 4 Juara Harapan. Seleksi dilaksanakan pada tanggal 1 September 2020.

Melalui kegiatan lomba bercerita yang dikemas dalam bentuk video tersebut, diharapkan para guru mampu mengasah kreativitas dalam bercerita dan dalam pembuatan video pembelajaran. Semoga perayaan kemerdekaan secara virtual tersebut dapat memberikan motivasi kepada semua pendidik untuk selalu berkarya dan berinovasi khususnya pendidik di Kecamatan Tirtomoyo dalam membangun generasi bangsa.