Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Solusi Atasi ATS

Rapat Tindak Lanjut Data Anak Tidak Sekolah (ATS) Jumat 23 Juni 2023, dimulai 08.00 s.d selesai bertempat di Aula B Dinas P dan K, bersama Ketua PKBM se Kabupaten Wonogiri dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas P dan K, Heri Rustiati selaku Plt. Kabid PAUD PNF. Dalam menangani dan memvalidasi sejumlah 393 ATS diperlukan keseriusan dari berbagai pihak. Jelang masa PPDB 2023 berakhir harus sudah jelas langkah intervensi terhadap ATS tersebut.

PKBM merupakan salah satu jawaban dari langkah penyelesaian ATS, jika mereka tidak ingin melanjutkan jenjang pendidikan formal karena berbagai alasan. PKBM dengan program Paket A, B dan C merupakan solusi terbaik. Saat ini di Kabupaten Wonogiri ada 15 Lembaga PKBM diantarnya PKBM Restu Prayogo (Kec. Eromoko), PKBM Mandiri ( Kec. Giritontro), PKBM Wiyata Giri Mulya (Kec. Giriwoyo), PKBM Sumber Ilmu (Kec. Jatipurno), PKBM Sinar Mulya (Kec. Jatiroto), PKBM Maju Makmur (Kec. Jatisrono), PKBM Permata (Kec. Karangtengah), PKBM Citra Giri (Kec. Ngadirojo), PKBM Kridha Wiyata (Kec. Pracimantoro), PKBM Al Ibanah dan PKBM Dharma Sastra (Kec. Purwantoro), PKBM Karya Wiyata Bhakti (Kec. Sidoharjo), PKBM Suka Maju (Kec. Slogohimo), PKBM Gajah Mungkur (Kec. Wonogiri).

Salah satu komitmen dari PKBM untuk ikut memberikan pelayanan pendidikan melalui jalur non formal adalah membuka layanan melalui Kelompok Belajar (KB) untuk kecamatan yang saat ini belum ada PKBMnya. Hal ini sejalan dengan program Bupati Wonogiri untuk membangun sistem pendidikan yang berkualitas. Pada kesempatan ini juga telah dibagikan Hasil Uji Kesetaraan Paket A, B dan C kepada 15 Lembaga PKBM di Kabupaten Wonogiri.