Puncak Bulan Bahasa SDN 1 Tempursari: Sederhana Tapi Mengena

Kegiatan Puncak Acara Semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2021 SD Negeri 1 Tempursari merupakan puncak rangkaian acara yang diselenggarakan oleh SD Negeri 1 Tempursari dalam mengisi Bulan Bahasa dan Sastra 2021. Acara ini diawali dengan pementasan kolaborasi siswa membacakan puisi berjudul “Rindu Sekolah.” Acara yang dipandu Sulimah ini dihadiri oleh berbagai stake holder sekolah. Ada finalis lomba, pengurus komite, orang tua murid, dewan guru, dan perwakilan Korwilcam Bidik Sidoharjo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Rangkaian acara diawali dengan mengucapkan basmalah serta menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap bahasa dan sastra. Selain itu, acara ini dimaksudkan untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa dalam bidang literasi,” terang Irwanto, Kepala SD Negeri 1 Tempursari. Acara ini juga dihadiri oleh Korwilcam Bidik Sidoharjo, Sukar. Selain menghadiri acara, beliau juga membuka acara tersebut secara resmi. “Momentum Bulan Bahasa ini semoga dapat memotivasi dan meningkatkan mutu siswa SD Negeri 1 Tempursari khususnya dan pendidikan Sidoharjo pada umumnya. Kami juga berharap kegiatan seperti ini juga  bisa diikuti oleh sekolah lain,” papar beliau.

Hal senada juga disampaikan oleh Midjo, Ketua Komite SD Negeri 1 Tempursari. Beliau mewakili komite sekolah menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada SD Negeri 1 Tempursari yang telah menyelenggarakan acara dalam menggugah jiwa nasionalisme. Ini adalah momen pertama kami mengikuti perayaan sejarah seperti ini. Acara ini dikemas secara sederhana tetapi apa yang ditampilkan sudah mampu membawa kami membayangkan bagaimana perjuangan tokoh-tokoh negara 93 tahun yang lalu. Harapan kami, semoga program seperti ini bisa dilakukan secara kontinyu sehingga mampu memunculkan tunas-tunas yang baik di SD Negeri 1 Tempursari ini. Tentunya, kami komite sekolah akan sepenuhnya mendukung program positif seperti ini dan akan bersinergi dengan SD Negeri 1 Tempursari.” ucap Midjo.

Dalam acara ini, karya siswa ditampilkan secara kolaborasi. Ada pementasan baca puisi berjudul “Aku Bangga Jadi Anak Indonesia” oleh Hanifa (5), Khusnul (5), dan Ahmad Prasetyo (6). Selain itu, ada juga pengucapan Ikrar Sumpah Pemuda oleh Dhandy (2), Juniece (6), dan Rasyidan (3). Di penghujung acara, hasil lomba yang telah diadakan pun diumumkan. Hasil perlombaan ikrar sumpah pemuda dari juara 1 sampai 3 yaitu Dhandy Daifullah Dharma Putra (2), Juniece Mutia Az Zahra (6), dan Rasyidan Dzulfadli (3). Hasil perlombaan cipta baca puisi dari juara 1 sampai 3 yaitu Ahmad Prasetyo (6), Hanifa Wilda (5), Khusnul Khotimah (5). Hasil perlombaan menulis rapi dari juara 1 sampai 3 yaitu Rasyidan Dzulfadli Parama (3), Aqilasha Queenaya Budiantara (1), Aqila Dhia Maritza (2).