Puisi “Lelaki dan Potret” Karya Parpal Purwanto  Raih Juara 1 Lomba Cipta Puisi LPMP Jateng 2020

Di tengah kesibukan menyiapkan perangkat pembelajaran daring, mengelola pembelajaran jarak jauh, serta berbagai kegiatan kolektif guru maupun komunitas bahasa, seni dan budaya, seorang guru pun mampu menorehkan prestasi terbaik. Hebatnya lagi, karya tersebut terlahir di masa sulit, di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

Puisi berjudul “Lelaki dan Potret” karya Parno, S.Pd.SD. M.Pd. atau yang dikenal dengan nama pena Parpal Peorwanto berhasil menyabet juara pertama di ajang Lomba Cipta Puisi untuk kategori Tendik (Tenaga Kependidikan) dan Umum yang diselenggarakan LPMP Jawa Tengah dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75. Sebagaimana yang telah diumumkan LPMP Jawa Tengah melalui Webinar tentang Pelatihan Teknis Menulis Puisi, Cerpen, dan Artikel pada Kamis (17/9).

Acara pelatihan secara daring melalui Zoom tersebut dibuka oleh Ahmad Mudlofir, S.Pd.,M.T. yang mewakili Kepala LPMP Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Ahmad menghimbau bahwa kegiatan ini harus ada nilai plus. Bukan hanya sekadar pengumuman pemenang dimana yang menang dan yang belum menang tidak mendapat apa-apa. Untuk itu, pada kesempatan ini diselenggarakan pelatihan teknis menulis artikel, cerpen, dan puisi yang diharapkan dapat menjadi nilai tambah karena mendapatkan pelatihan atau pencerahan yang dapat menambah pengetahuan, kemampuan dan semangat sehingga lebih kreatif lebih produktif dalam masa yang akan datang. Acara selanjutnya adalah pelatihan teknik menulis artikel, cerpen, dan puisi disampaikan oleh tiga narasumber, Widyaiswara LPMP Jateng.

Selanjutnya, Pemaparan materi pelatihan dari Widyaswara LPMP Jateng sekaligus Tim Juri. Secara berturut-turut diawali pemaparan materi tentang Artikel Ilmiah oleh Pujiadi, S.Pd., M.Pd., M.Kom; kedua, materi tentang Penulisan Puisi oleh Drs. Sawali Tuhusetya, M.Pd.

Pemateri ketiga oleh Drs. Slamet Tri Hartanto, M.Pd. menyampaikan materi tentang Penulisan Artikel. Pak Slamet, panggilan akrab Pemimpin Redaksi Laman LPMP Jateng tersebut juga menghimbau agar para guru ikut berkontribusi dengan mengirimkan karya berupa : artikel, jurnal, serta menjadi kontributor laman LPMP Jawa Tengah. Pada sesi akhir kegiatan dilanjutkan pengumuman pemenang lomba Cipta Puisi, Cerpen, dan Artikel.

Parpal Poerwanto selama ini memang dikenal sosok guru yang sangat produktif. Beliau juga sebagai salah satu anggota TIM Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Wonogiri. Berdasarkan rekam jejaknya di dunia maya, berbagai karya sastranya sudah banyak terpublikasi baik dalam bentuk buku, laman website, maupun media sosial. Beliau juga memiliki banyak karya video pendidikan di channel youtube.

Secara terpisah, sebagaimana disampaikan kepada tamantembangsastra.com, beliau menyatakan bahwa dirinya bersyukur karena ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara 17-an yang diselenggarakan LPMP Jateng dengan ikut lomba mencipta puisi. “Alhamdulillah, selain ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, ternyata dapat juara juga. Ini merupakan kebahagian tersendiri baginya.  Semoga momen ini lebih memotivasi dirinya maupun para guru untuk terus belajar dan berkarya.

Hasil Cipta Puisi berjudul “Lelaki dan Potret” karya Parpal Poerwanto adalah sebagai berikut:

LELAKI DAN POTRET

Oleh : Parpal Poerwanto

Lelaki itu mengumpulkan jejak

Yang terserak pada remah sejarah

Di atas zig-zag artefak kelam

Dari sisa-sisa ingatannya

Tentang kisah kakeknya yang mati muda

Saat ayahnya masih dalam kandungan

Dipandangnya potret buram

Terpampang di dinding bambu

Kusam termakan waktu dan jerebu

Diam bisu tapi membakar rindu

Pada bongkah-bongkah semangat

Jiwa muda yang terpanggil

Untuk menggenggam bambu runcing

Meski istri di rumah tengah bunting

Kini, potret itu tersenyum masam

Melihat tingkah orang-orang serakah

Mengumbar nafsu aluamah

Seolah setiap jengkal tanah

Harus menjadi miliknya

Dan bersitega menyurukkan saudaranya

Yang leluhurnya dulu ikut berjuang

Lelaki itu termangu di ujung bisu

Mengumpulkan sisa-sisa harapnya

Agar pewaris negeri ini segera sadar

Bahwa dulu kakek mereka berjuang

Bagi tegaknya bangsa

Untuk kehidupan layak bersama

Pojok Puisi; 27082020