Prosesi Pengukuhan Tim Kreatif Subrayon 01 Wonogiri Berlangsung Khidmat

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd., secara resmi mengukuhkan Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri, Sabtu (7/11/2020), bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Prosesi pengukuhan berjalan tertib dan khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri, turut hadir dalam kegiatan ini, Drs. Tarmo, M.Pd Kasi PTK SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Wakimin, S.Pd, M.Pd  Koordinator Pengawas SMP Kabupaten Wonogiri,  Drs. Teguh, M.Pd dan Sri Hartantiningrum, S.Pd, M.Pd Pengawas SMP Kabupaten Wonogiri , Hartanto, S.Pd., M.Pd Ketua MKKS Rayon Wonogiri, Eko Sutantyo, M.Pd Ketua MKKS Subrayon 01 Wonogiri dan  Kepala SMP se-Subrayon 01 Wonogiri. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui Video conference Microsoft Teams dan Streaming YouTube.

 

Ketua Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri, Rahayu Widayanti, S.Si., M.Pd., guru SMP Negeri 1 Nguntoronadi, pada sambutannya melaporkan kinerja tim dalam pelaksanaan program kerja. Untuk meningkatkan kompetensi tim, telah dilaksanakan kegiatan belajar bersama secara luring, dengan materi Teknik Penulisan Reportase, Teknik Pembuatan Blog Guru, dan Teknik pembuatan Logo dan Flyer. “Semoga keberadaan Kami mampu memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan, sebagaimana yang telah diprogramkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, yaitu percepatan peningkatan mutu Pendidikan”, tambah ketua tim yang juga merupakan seorang pelatih di Kwarcab Wonogiri.

Prosesi Pengukuhan Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri dilakukan dengan pengambilan sumpah janji, penyematan pin, pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Kreasi 01 Wonogiri. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyampaikan apresiasi kepada tim atas kiprahnya dalam dunia pendidikan. Lebih lanjut disampaikan pula materi penguatan mengenai definisi Pendidikan, kompetensi guru yang harus dipenuhi dan peran strategi guru dalam mendidik generasi bangsa. “Pendidikan adalah proses menanam, bukan memanen. Peserta didik kita hidup pada zaman yang sangat berbeda dengan saat kita sekolah dahulu. Maka kita harus mendidik mereka sesuai dengan zamannya”, tegasnya.

Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri bernaung di bawah MKKS Subrayon 01 Wonogiri. Pada awal kegiatan, Drs. Tarmo, M.Pd, Kasi PTK SMP Kabupaten Wonogiri menyampaikan materi mengenai Revitalisasi MKKS dan MGMP/MGBK. Peran organisasi profesi sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan dan prestasi kerja guru.

Bersamaan dengan kegiatan pengukuhan ini, juga dilaksanakan kegiatan in-service 1 Workshop Pembuatan Blog Pembelajaran. Kegiatan pelatihan dengan pola 36 JP ini dilaksanakan melalui tahapan 3 in-service dan 3 on-service. Peserta kegiatan sejumlah 101 orang, merupakan utusan dari 13 MGMP se-Subrayon 01. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta mampu membuat blog pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar, publikasi kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01 Wonogiri ditetapkan melalui Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 800/114 tentang Pembentukan Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Tingkat Subrayon Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 11 September 2020 dengan komposisi anggota berasal dari disiplin ilmu 13 mata pelajaran. Tim ini memiliki visi mewujudkan guru yang kreatif, responsif, atraktif, dan berprestasi, dalam pelaksanaan program kerjanya, dibentuk tiga bidang yaitu Bidang Pengembangan Konten dan Inovasi Pembelajaran, Bidang Publikasi dan Festival, dan Bidang Seni budaya.

Pada kegiatan ini diluncurkan pula website Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Subrayon 01  yang mewadahi semua kreativitas dan karya guru semua mapel SMP Subrayon 01 Wonogiri. Website https://kreasi01wonogiri.id/  telah mempublish reportase kegiatan sekolah dari 23 SMP se-Subrayon 01, reportase kegiatan 13 MGMP, menampilkan prestasi guru, peserta didik, dan pengembangan Adiwiyata. Diharapkan, publikasi melalui website ini dapat menjadi motivasi bagi sekolah dan MGMP untuk  berlomba-lomba meningkatkan kualitas Pendidikan. (RW)