Fajar Prihattanto Juara Nasional Festival Film Edukasi

Film Pikulan lan Tali berhasil menjadi Juara 3 Tingkat Nasional pada Festival Film Edukasi (FVE) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 dengan hadiah Rp. 13.000.000. Pikulan lan Tali merupakan karya Fajar Prihattanto, guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Baturetno dan Eko Siswanto, Kepala SD Negeri 1 Temboro. Fajar Prihattanto merupakan sutradara, penulis skenario, juru kamera, artistik, penata musik, dan editor, dan Eko Siswanto selaku produser film ini. Aktor utama adalah Juned Eko Warsito dari Batuwarno, Satria Aditama SD Negeri 6 Wonogiri, Paundra Kantata Samudera siswa SDN 3 Tegiri, Batuwarno, Keane Obama Pradetha siswa SD Negeri 1 Batuwarno,  Ikhwan Yuan Khasana, Rhohandika Erdi Efriano, Dinar Muftio Ghani ketiganya adalah siswa SD Negeri 1 Temboro. Pembuatan film mengambil latar SD negeri 1 Temboro dan sekitarnya. Proses pembuatan film Pikulan lan Tali sangat sederhana, seperti halnya film-film Fajar Prihattanto yang lain. Film ini dibuat hanya dengan 1 kamera DSLR Canon 600D.

“Pikulan lan Tali yang diangkat pada film ini merupakan filosofi tentang sifat manusia yang kadangkala harus bersifat kaku, kuat seperti pikulan. Tetapi adakalanya juga harus bersifat elastis seperti tali sehingga mampu mengikat, menyatukan dan memberikan manfaat kepada orang lain. Yen lemes kena kanggo tali yen kaku kena kanggo pikulan. Bisa juga dimaknai, bahwa sifat kaku/kuat dan luwes/fleksibel itu tidak masalah, semua dapat dimaksimalkan untuk hal-hal yang bermanfaat”, jelas Fajar Prihattanto. Film bercerita tentang sekelompok anak modern, tidak begitu menyukai seni budaya tradisional dengan sekelompok anak yang masih suka dengan seni tradisional, khususnya reog. Dua kelompok tersebut terlibat dalam persaingan untuk mengikuti Lomba Kreatifitas Seni dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Wonogiri.

Fajar Prihattanto adalah sutradara yang cukup produktif, di sela-sela kesibukannya sebagai guru seni budaya, melukis, dan youtuber, Pikulan lan Tali merupakan karya ke-19 guru kelahiran Batuwarno, Wonogiri ini. Pada tahun sebelumnya Ples (Pahlawan Hemat Energi Semesta) berhasil menyabet penghargaan sebagai juara 1 Festival Film Pendek Tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Pada tahun 2016, filmnya yang berjudul Urip iku Urup juga berhasil menjadi Juara 2 pada event yang sama. Seratus lebih karya-karya film pendek, film dokumenter, musik, dan tutorial dapat dilihat pada channel youtube Kantata Ilmu dan blog https://www.kantatailmu.com/