DILASINDO CERIA Antarkan Ria Jawara Provinsi

Dilasindo Ceria (Media Latih Siaga Indonesia, Cerdas dan Ceria), berhasil mengantarkan Ria Sulistiyono sebagai Juara 1 Lomba Pembina Pramuka Siaga Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019. Kegiatan tersebut dihelat selama dua hari di Pusat Kegiatan Pramuka (Puskepram) Candra Birawa, Gunungpati, Semarang. Ria Sulistiyono, berhasil menjadi yang terbaik setelah menyisihkan perwakilan dari semua kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Melalui pemilihan Pembina Gudep dan Kamabigus Berprestasi Tingkat Daerah diharapkan kualitas pendidikan dan pengelolaan gugus depan lebih meningkat, sehingga mampu menjawab tantangan era global yang berbasis keunggulan,” kata Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam sambutannya.

Ria Sulistiyono berhasil mengumpulkan nilai tertinggi setelah melewati berbagai macam penilaian terkait kepramukaan. Penilaian pertama adalah penilaian pralomba dengan menilai instrument tertulis yang dikirimkan sebelum lomba. Ada beberapa kegiatan dalam penilaian pralomba ini, yaitu Penilaian Portofolio, Makalah Best Practice, dan Makalah Diri. Penilaian Portofolio meliputi semua komponen yang telah dilakukan oleh pembina, misalnya Pendidikan umum, Pendidikan kepramukaan, pelatihan kepramukaan, pengalaman membina, riwayat jabatan kepramukan, prestasi sebagai pembina, prestasi peserta didik, prestasi gugusdepan, prestasi pribadi di luar kepramukaan, sertifikat yang dimiliki, capaian SKU peserta didik, capaian Pramuka Garuda peserta didik, partisipasi kegiatan kepramukaan, pengalaman menjadi pengurus organisasi, dan karya tulis. Pada komponen Makalah Best Practice instrument yang dinilai adalah pengalaman terbaik sekaligus inovasi yang dilakukan selama menjadi pembina pramuka. Komponen Makalah Diri menceritakan alasan menjadi pembina pramuka, kekurangan dan kelebihan selama membina peserta didik, dan harapan untuk kemajuan Pramuka. Selain penilaian pralomba, Ria harus melalui penilaian lain berupa wawancara dan unjuk kerja sebagai Pembina Pramuka Siaga dengan merancang kegiatan pertemuan besar Pramuka Siaga dan tes praktik.

Prestasi yang diraih Ria Sulistiyono menjadi prestasi tertinggi Pembina Pramuka Wonogiri dalam lomba sejenis, setelah pada tahun 2017 Pembina Pramuka Wonogiri menjadi Juara 2 Lomba Pembina Pramuka Penegak tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebagai bentuk penghargaan, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah memberikan piala penghargaan dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertepatan dengan pembukaan Jambore Daerah di Blora.