Presentasi RPP Akhiri KKG Paket 2 MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno

Walaupun dalam suasana Ramadan, Kegiatan Kolektif Guru Paket 2 MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno tetap berjalan. Hari ini, Kamis, 22 April 2021 telah memasuki pertemuan ke-3 melanjutkan materi tentang penyusunan perangkat pembelajaran RPP. Sesuai dengan agenda yang telah dibuat oleh pengurus, pertemuan ketiga/terakhir KKG Paket 2 diisi dengan presentasi RPP. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 40 guru IPS se-Subrayon 03 Baturetno. Hadir pula dalam kegiatan ini Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Wiyono.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dengan host Indiyah Wulah Hidayati. Setelah dibuka dengan doa oleh moderator Sunarto, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan ketua MGMP Subrayon 03 Baturetno,  Nurkholis Sidiq. Saat sambutan disampaikan review tugas KKG Paket 2 tentang penyusunan RPP. Tugas dikerjakan saat kegiatan KKG pertemuan kedua yang dilaksanakan secara on/mandiri. Usai review dilanjutkan dengan presentasi RPP karya peserta yang dikerjakan secara berkelompok. Presentasi ini untuk menayangkan contoh RPP, baik dari kelas 7, 8, maupun 9. Presentasi RPP kelas 7 diwakili oleh Kavinji, kelas 8 oleh Erwan Dian Trisnanto dan kelas 9 oleh Taufiq Nur Yasin. Setelah presentasi dilanjutkan evaluasi dari Wiyono tentang hal-hal yang sudah baik dan yang perlu dibenahi. Setelah presentasi dan evaluasi, diharapkan bapak ibu guru dapat termotivasi untuk melengkapi RPP yang belum dikerjakan dalam tugas.

Kegiatan diakhiri dengan closing statemen oleh pemateri, Wiyono. Dalam closing statemen ini Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri ini mengapresiasi RPP yang telah dihasilkan oleh guru IPS Subrayon 03 Baturetno. Tidak lupa pula, Wiyono memotivasi guru IPS Subrayon 03 Baturetno untuk menyusun RPP sesuai dengan regulasi yang ada.  Sebelum kegiatan diakhiri, Ketua MGMP Subrayon 03 Baturetno menyampaikan beberapa informasi terkait evaluasi KKG Paket 2 dan tindak lanjut untuk KKG berikutnya.