PRAMUKA NGADIROJO BERGERAK TERDEPAN DI TENGAH PANDEMI

Di tengah masa pandemi yang corona masih melanda, Gerakan Pramuka tidak terhenti untuk berkarya. Dalam rangka peringatan HUT Ke-59 Gerakan Pramuka, Kwartir Ranting Ngadirojo menyelenggarakan serangkaian kegiatan. Serangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Ke-59 Gerakan Pramuka, Kwartir Ranting 11.12.03 ini diantaranya adalah Lomba Desain Poster yang diikuti oleh anggota Pramuka Penggalang Usia SD dan SMP, yakni setiap gudep yang berpangkalan di SD dan mengirimkan 1 peserta, sedangkan setiap gudep yang berpangkalan di SMP mengirimkan 2 peserta. Lomba secara daring tersebut diselenggarakan melalui platform Microsoft Teams (Selasa, 11 Agutus 2020).

Kak Gimin, S.Pd. selaku Ketua Kwartir Ranting Ngadirojo menyampaikan bahwa dalam situasi seperti ini diharapkan Gerakan Pramuka selalu ada untuk bergerak terdepan dan berperan dalam menanggulangi bencana Covid-19. Sementara itu, dalam pembukaan lomba, Korwil Kecamatan Biddik Ngadirojo selaku anggota Majelis Pembimbing Ranting menyatakan bahwa kegiatan ini adalah sebuah inovasi, meski berada di tengah pandemi, lomba untuk memeriahkan HUT ke-59 Gerakan Pramuka tetap dapat berjalan dan menjadi motivasi tersendiri bagi anggota pramuka untuk selalu berperan aktif menanggulangi bencana Covid-19.

Terkait dengan penjurian Lomba desain poster, pihak Kwarran Ngadirojo mendatangkan juri yang akuntabel dari Institut Seni Indonesia, Kak Fella dan Kak Ilham dari FKIP Seni Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penjurian tersebut juga dibantu oleh Kak Kirno yang merupakan salah satu tokoh yang membidangi seni lukis dari Kecamatan Ngadirojo. Hasil penjurian diumumkan pada puncak Peringatan HUT ke-59 Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Ngadirojo pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 yang bertepatan dengan Webinar : Pramuka di tengah Pandemi yang diselenggarakan oleh Kwarran Ngadirojo dengan Narasumber Kepala Pusat Diklat Kwartir Daerah Jawa Tengah, Kak Mulyono atau yang biasa disapa dengan Kak Mung.

Lo

Dalam kesempatan webinar tersebut, Kak Agus Hendradi selaku Mabiran Ngadirojo (Camat Ngadirojo) berpesan kepada semua anggota gerakan pramuka khususnya di Kwartir Ranting Ngadirojo untuk senantiasa membantu Negara dalam menghadapi pandemi. Jadikan Gerakan Pramuka ini sebagai gerakan terdepan untuk peduli kepada sesama dan selalu berkarya untuk kemajuan bangsa.

Kak Mung pun juga menyampaikan hal senada, “Gerakan Pramuka harus menjadi terdepan bergerak membantu negara dalam penganggulangan bencana Covid-19 serta bela negara. Apa yang bisa kita lakukan untuk Negara Indonesia? Ayo kita anggota pramuka Indonesia bergerak terdepan”.

Sebagai langkah nyata Gerakan Pramuka ikut membantu pencegahan dan penanggulangan bencana dengan memberikan donasi berupa 1.059 masker bagi masyarakat Ngadirojo. Bantuan masker tersebut telah diserahkan oleh Kak Mulyadi , perwakilan Kwarran Ngadirojo kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Ngadirojo dalam hal ini adalah Camat Ngadirojo. Semoga Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Ngadirojo semakin Berjaya, aktif membantu, dan peduli sesama.