KKG Paket 2 MGBK Subrayon 01 Mengupas Praktik Konseling Individu

Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Subrayon 01 Wonogiri kembali menggelar KKG BK secara luring. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonogiri pada Selasa, 17 Mei 2022 yang diikuti kurang lebih 35 guru BK dari SMP/MTs wilayah subrayon 01 Wonogiri. KKG kali ini agak berbeda dengan pertemuan sebelumnya karena dilaksanakan pada bulan Syawal maka pelaksanaanya dibarengi dengan halal bihalal MGBK Subrayon 01 Wonogiri.

KKG dibuka oleh pemandu acara Herma Rusdianawati pada pukul 08.30 WIB dengan membaca basmallah secara bersama-sama. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua MGBK Subrayon 01 Wonogiri, Winoto guru BK SMP Negeri 2 Nguntoronadi. Beliau menyampaikan hal-hal terkait kegiatan KKG yang akan dilaksanakan oleh MGBK Subrayon 01 Wonogiri.

Pada gilirannya Sri Nuryati Kepala SMP Negeri 1 Wonogiri selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan menyampaikan sekaligus mengingatkan kepada peserta KKG tentang kebermanfaatan KKG sebagai bentuk pengembangan diri, sekaligus kaitannya dengan kenaikan pangkat guru. Beliau mengimbau agar semua guru BK bergerak dalam kenaikan pangkatnya dan jangan diam, karena sesungguhnya bapak/ibu guru semua mampu mengerjakan dan memenuhi persyaratan dalam kenaikan pangkatnya masing-masing.

Acara selanjutnya, tausiah halal bihalal yang disampaikan oleh Tukimun, guru BK SMP Negeri 1 Ngadirojo. Beliau menyampaikan hal-hal terkait dengan kinerja kita sebagai umat beragama dan bertakwa kepada Allah SWT. Usai tausiah dilanjutkan pengarahan oleh ketua MGBK Rayon, Sumarno, guru BK SMP Negeri 2 Wonogiri.

Kegiatan inti disampaikan oleh narasumber Hardiyo, guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo membahas tentang Praktik Konseling Individu. Beliau menyampaikan bahwa dalam praktik konseling secara umum akan melewati empat tahapan utama, yaitu tahap pembentukan, peralihan, inti/kegiatan, dan diakhiri dengan penutup. Teknik-teknik konseling secara khusus beliau sampaikan dalam kegiatan inti ini. Pada tahap pembentukan akan dilaksanakan berkenaan dengan pemahaman konseling individual, meliputi pengertian, asas-asas konseling, dan kontrak yang akan dilaksanakan. Pada tahap peralihan akan membahas lebih lanjut tentang kesiapan klien. Pada tahap inti, konselor mulai melaksanakan pengumpulan data berkenaan dengan permasalahannya, diagnosis, dan prognosis. Akhirnya pada tahap penutup akan disampaikan kesimpulan dan konmitmen untuk berperilaku atau konseling selanjutnya.

Sebelum akhir kegiatan, disampaikan penjelasan oleh Bendahara MGBK Subrayon 01, Setyaningsih guru BK SMP Negeri 1 Selogiri sebagai bentuk laporan berkenaan dengan dana sosial, di mana dalam pelaksanaan kegiatan disepakati bersama adanya dana sosial untuk teman yang pensiun. Sekitar pukul 12.15 WIB KKG ditutup oleh pemandu acara dengan mengucap hamdallah secara bersama-sama.