PP dan CGP Wonogiri Laksanakan Lokakarya 5

SMK Negeri 2 Wonogiri menjadi titik kumpul 20 Pengajar Praktik (PP) dan 103 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri baik jenjang TK, SD, maupun SMA/SMK yang wilayah kerjanya tersebar di seluruh penjuru kecamatan. Bertemunya PP dan CGP Sabtu, 28 Mei 2022  dalam rangka memenuhi salah satu tugas dalam rangkaian Pendidikan Guru Penggerak yaitu Lokakarya. PPPPTK Matematika Kemdikbudristek sebagai penyelenggara kegiatan telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah agar mengizinkan kepada PP dan CGP untuk melakukan Lokakarya 5 Pendidikan Guru Penggerak dan serangkaian kegiatan sebelum Lokakarya berlangsung yaitu Pendampingan Individu pada waktu yang telah disepakati antara PP dan CGP.

Lokakarya merupakan sebuah kegiatan yang amat dinantikan oleh CGP karena merupakan wadah kolaborasi untuk saling menguatkan satu sama lain selama mengikuti PGP yang berlangsung cukup lama yaitu sembilan bulan. Meskipun kegiatan berlangsung sehari penuh pukul 08.00 –  16.00 WIB namun tidak terasa menjemukan karena dikemas dengan sangat menyenangkan. Selain itu dalam setiap lokakarya ada perputaran kelompok CGP di setiap kelasnya, harapannya selain agar tidak menjemukan semua CGP bisa bertemu dengan CGP antar wilayah agar bertambah ilmu dan wawasan.

Lokakarya 5 PGP kali ini mengambil tema Refleksi CGP setelah melalui lima bulan pendidikan baik di LMS maupun Aksi Nyata di satuan pendidikan masing-masing. Dalam refleksi ini CGP diminta untuk memvisualisasikan kompetensi mereka baik yang sudah maupun yang belum berkembang dengan menggunakan gambar. Hal ini tentu menarik karena sejatinya tidak semua individu bisa menggambar dengan baik. Akan tetapi yang lebih menakjubkan adalah semua yang hadir baik PP mupun CGP menghargai setiap jerih payah setiap CGP. Harapan kedepan adalah agar setiap CGP mampu menghargai setiap individu siswa di satuan pendidikan masing-masing karena tentu saja mereka memiliki kemampuan dan kelebihan yang beragam.

Refleksi dilanjutkan dengan membuat peta rencana kedepan yang akan diterapkan dalam aksi nyata di lapangan. Sesama CGP bahkan saling memberi masukan dan support untuk saling menguatkan agar bisa bersama melewati masa-masa pendidikan yang membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang tidak sedikit. Arsida Erma Avianti, PP dari SMAN 1 Slogohimo menyampaikan bahwa baik PP maupun CGP diharapkan membawa kapal pendidikan Indonesia untuk berlayar di samudera Merdeka Belajar. Layar telah terkembang pantang untuk kembali tergulung walau badai dan gelombang air pasang menghadang.

Rangkaian kegiatan lokakarya ditutup dengan refleksi bersama antara CGP dan PP. Refleksi berlangsung meriah karena tanpa diduga Suparman, CGP dari SMP Negeri 2 Pracimantoro menembangkan macapat asmarandana dan disambut macapat Mijil oleh Dayu Andriani, CGP dari TK Aisyiah Baturetno. Sebuah pantun juga disumbangkan oleh Rifniatun, CGP dari SD Negeri 1 Gesing Kismantoro menambah hangatnya suasana. Tri Hanung Widiyarso, CGP dari SMK Negeri Bulukerto juga menyampaikan refleksi penutup kegiatan dengan menyampaikan beberapa perubahan dirinya selama mengikuti PGP dan mengajak seluruh CGP agar bersemangat dalam menjalani seluruh rangkaian kegiatan karena apapun hasilnya pasti semua ini demi kebaikan. Akan ada hasil dari setiap jerih payah, akan ada hikmah dari setiap kejadian. Seluruh CGP dan PP kembali ke pangkalan masing-masing dengan membawa hati yang hangat dan semangat untuk terus maju menggulirkan perubahan.