Polisi Sambangi SDN 2 Wonokerto Wonogiri

SDN 2 Wonokerto terletak di Dusun Malangsari Desa Wonokerto Kecamatan Wonogiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukoharjo. Lingkungan masyarakat sebagai petani. Kegiatan Polisi Sahabat Anak baru pertama kali di laksanakan di SDN 2 Wonokerto atas prakarsa Kepala Sekolah Dra Irine Ustariningsih dan Dewan Guru. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis, 20 Februari 2020. Pertimbangan pelaksanaan kegiatan ini adalah merdeka belajar yaitu langsung dari narasumber.


Narasumber kegiatan ini adalah Bapak Hartoyo KBO SATBINMAS POLRES WONOGIRI dan Bapak Sam’ud KASI TI Polres Wonogiri. Peserta kegiatan ini adalah siswa dan wali murid. Materi yang diberikan oleh narasumber yaitu pembentukan karaker anak atau akhlak mulia. Akhlak dibentuk sejak dini agar menjadi agar menjadi teladan bagi sesama. Akhlak mulia dibentuk oleh guru di sekolah, orang tua di sekolah, dan masyarakat.

Kegiatan ini siswa diberikan motivasi untuk selalu memuliakan guru dan orang tua. Memuliakan guru dan orang tua dapat diwujudkan dengan menghormati, menyalami, dan patuh. Narasumber juga menjelaskan tugas dan tanggung jawab polisi. Polisi memberikan motivasi agar siswa disiplin demi meraih cita-cita.
Kehadiran Polisi ini memberikan penyuluhan mengenai narkoba dan kesadaran hukum. Narkoba agar dijauhi karena dapat merusak pikiran, jasmani, jiwa, sehingga mengakibatkan gagal meraih cita-cita. Pencegahan dilakukan dengan kontrol orang tua dan guru serta pembekalan agama. Penyuluhan kesadaran hukum meliputi pungli dan penanganan anak yang membutuhkan treatment khusus. Pungli merupakan tindakan yang tidak dibenarkan karena merupakan tindak pidana. Penanganan anak yang membutuhkan treatment khusus, maka Polisi bisa menjadi salah satu solusi dengan cara pembinaan secara psikis. Kegiatan ini diharapkan membentuk karakter humanis serta sinergi antara lembaga sekolah, wali murid (masyarakat), dan Polisi guna membentuk generasi yang berkualitas.

Kontributor : Adi Setyo Nugroho (SDN 2 WONOKERTO WONOGIRI)