Pertemuan Reguler MGBK Sub Rayon 04 Jatisrono di Tengah Pandemi Covid – 19 Secara Tatap Muka

MGBK Sub Rayon 04 Jatisrono, Kabupaten Wonogiri mengadakan pertemuan reguler pada hari Rabu, 16 September 2020 bertempat di SMPN 3 Jatisrono secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokal kesehatan. Narasumber maupun peserta diwajibkan untuk memakai masker, cek suhu badan sebelum masuk ruangan, serta cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang sudah disediakan oleh panitia. Pertemuan ini menghadirkan narasumber Ibu Dra. Ninuk Dwi Sutartini, M.Pd. selaku pengawas wilayah binaan Jatisrono dengan latar belakang pendidikan Bimbingan dan Konseling serta Bapak Sumarno, S.Pd., M.E.Sy. selaku ketua MGBK Rayon Kabupaten Wonogiri. Turut hadir pula Bapak Suwandi, S.Pd. selaku ketua MKKS Sub Rayon 04 Jatisrono serta Ibu Isbudiyarti, S.Pd. selaku koordinator MGBK di wilayah Sub Rayon 04 Jatisrono. Dari jumlah anggota 36 orang guru, hadir pada pertemuan ini sebanyak 28 orang guru.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Bapak Suwandi, S.Pd. Beliau menyampaikan tujuan pertemuan ini sebagai wadah untuk bertukar pikiran, pengalaman, ide dan membekali guru BK dalam memberikan layanan kepada peserta didik di tengah masa pandemi, karena tidak dapat dipungkiri kiprah guru BK dalam pembelajaran jarak jauh sangat dibutuhkan seperti misalnya dalam layanan kunjungan rumah atau yang biasa disebut home visit, mengharuskan guru BK untuk bertemu langsung dengan peserta didik selaku konseli. Untuk itu beliau berpesan supaya guru BK tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam memberikan layanan langsung dengan konseli.

Sesuai dengan topik pertemuan “Pengembangan Silabus dan RPL BK di Masa Pandemi” hasil dari pertemuan ini adalah seluruh Guru BK di Sub Rayon 04 Jatisrono telah menyusun silabus berupa action plan layanan dan RPL BK sebagai salah satu pelengkap program BK yang dijadikan sebagai pedoman dalam memberikan layanan kepada peserta didik. Meskipun di masa pandemi dengan model  pembelajaran jarak jauh, empat komponen layanan BK berupa Layanan Dasar, Layanan Responsif, Layanan Peminatan dan Perencanaan individual serta layanan Dukung Sistem harus tetap berjalan sesuai porsinya.