Pertemuan Ketiga Diklat PKB Mandiri Guru SMP Secara Daring Berlangsung Lancar

Selasa (19/5) Pandemi Covid-19 berdampak pada pelaksanaan kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SMP Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), program awal dilaksanakan secara tatap muka akhirnya diselenggarakan secara daring. Pertemuan ketiga tersebut digelar dari jam 08.00 WIB dan berakhir jam 12.00 WIB. Kegiatan berlangsung lancar dengan antusias keikutsertaan peserta diklat tetap taat aturan pelaksanaan room event Microsoft Teams.

Peserta kegiatan adalah Angkatan 1 yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling, Matematika, PPKn, Keterampilan/TIK, Seni Budaya, dan PJOK. Sejumlah 194 guru menyimak dengan tertib penjelasan narasumber kegiatan, Winarno, M.Pd. Kepala SMP Negeri 3 Satap Jatiroto. Materi yang diangkat oleh narasumber sesuai jadwal adalah Penyusunan Diktat dan Laporan Pengembangan Diri (PD). Peserta diklat yang masih berposisi pada pangkat golongan/ruang III/a, III/b, III/c tidak harus menilaikan laporan PTK yang membutuhkan proses pembuatan lebih lama dan intens, tetapi diharapkan mampu memanfaatkan event diklat kali ini sehingga lebih fokus pada produk diklat berupa Penyusunan Best Practise, Pembuatan Alat Peraga, dan Penyusunan Diktat.

Kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Guru Mapel SMP Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang sudah dimulai sejak Sabtu (14/3) direncanakan berakhir dengan Kegiatan On berupa pembimbingan produk diklat sampai dengan tanggal 30 Mei 2020.

Kegiatan Diklat ini secara keseluruhan dilaksanakan secara luring dan daring, baik Kegiatan In maupun Kegiatan On yang sudah dijadwalkan oleh panitia secara detail. Kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi peserta kegiatan secara aktif menghasilkan produk baik best practise, alat peraga, maupun diktat sehingga bisa dimanfaatkan oleh peserta kegiatan untuk Kenaikan Pangkat Periode Oktober 2020 ini.

Perubahan berawal dari tumbuhnya semangat dan motivasi, baik secara internal maupun faktor eksternal. Kegiatan diklat ini dilatarbelakangi oleh kondisi stagnan hampir semua peserta kegiatan yang masih mandek pada pangkat golongan ruang saat ini. Semoga kegiatan ini banyak memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan secara umum dan sekaligus juga bisa dimanfaatkan bagi kenaikan pangkat guru.