Persiapan Try Out Rekrutmen Calon PPPK Wilayah Nguntoronadi

KKKS dan Tim Kreatif Nguntoronadi sukses menyelenggarakan try out rekrutmen calon PPPK Nguntoronadi. Kegiatan ini dilakukan secara virtual menggunakan Microsoft Teams yang diikuti oleh calon peserta PPPK atau GTT Nguntoronadi, Korwilbidik Nguntoronadi, Ketua KKKS, Tim Kreatif, dan panitia pendamping (mentor) pada Senin (2 Agustus 2021). Pelaksanaan kegiatan virtual ini dikarenakan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Kabupaten Wonogiri. Hal ini dilakukan untuk pengendalian penyebaran virus Covid-19 yang masih menjadi pandemi di negeri ini.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Bertugas sebagai host dalam kegiatan ini Arif Ustman guru SD Negeri 1 Parangharjo dengan moderator Dwi Prasetiyo guru SD Negeri 2 Kulurejo. Host menyapa para peserta di room meeting dengan semangat, sekaligus memeriksa kehadiran tiap peserta atau perwakilan tiap SD dan dilanjutkan moderator membacakan susunan acara kegiatan virtual ini serta memandu jalannya kegiatan ini. Pembukaan kegiatan oleh Nur Hadi, Korwilbidikcam Nguntoronadi. Beliau memberikan motivasi untuk calon peserta agar mempersiapkan dengan cermat kegiatan try out ini. Beliau menyampaikan bahwa perlu adanya integrasi dan komunikasi antara Korwil, KKKS, mentor, dan Tim Kreatif untuk menyukseskan kegiatan try out. Beliau juga berpesan bahwa dalam melaksanakan try out ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan jujur, walaupun dilaksanakan secara online. Kegiatan try out ini akan menjadi tolak ukur kemampuan setiap individu dan bisa memetakan kompetensi saat tes PPPK sesungguhnya.

Ketua KKKS Nguntoronadi, Kardi, juga memberikan motivasi kepada calon peserta try out PPPK agar berusaha membagi waktu mengingat pada Agustus ini terdapat banyak kegiatan dan masih ada try out tingkat kabupaten. Kita sebagai guru juga harus bisa membagi waktu untuk beberapa kegiatan agar semua terlaksana dengan baik. Beliau juga menyampaikan kepada mentor agar perlu diperhatikan dan diberikan pendampingan khusus bagi peserta PPPK yang berumur lebih dari 35 tahun. Nyoman Tri Humardani guru SDN 1 Kulurejo selaku mentor menyampaikan bahwa dalam pembuatan soal try out PPPK disesuaikan dengan modul yang sudah diberikan oleh Kemendikbud. Kegiatan try out tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menjadi tambahan wawasan mengenai soal-soal PPPK yang sesungguhnya.

Di akhir sesi peserta beserta mentor melakukan tanya jawab dan menyepakati terkait hari dan waktu persiapan try out. Diperlukan uji coba akun agar pada hari pelaksanaan dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala. Saat sesi tanya jawab juga ada beberapa masukan terkait dengan guru yang terbentur antara pelaksanaan try out dengan jadwal PPG, diambil solusi agar mengikuti PPG terlebih dahulu dan soal try out bisa dikerjakan lain waktu. Akhirnya disepakati kegiatan try out Nguntoronadi akan dilaksanakan pada Kamis, 5 Agustus 2021 dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Diharapkan dengan adanya try out ini dapat memetakan kemampuan individu setiap guru di wilayah Nguntoronadi dan dapat menjadi evaluasi untuk persiapan Tes PPPK. Dengan motivasi ”mangkat bareng, lulus bareng iso mentas bareng” diharapkan GTT wilayah Nguntoronadi dapat lulus pada seleksi tahap pertama semua.