Perkuat Sendi Pendidikan, Dinas P dan K Wonogiri Optimalkan Peran MKKS/MGMP/MGBK

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melaksanakan kegiatan Optimalisasi Website Dinas P dan K, Berbagi Praktik Baik Lolos Kurasi, dan Sosialisasi E-KKG bagi Pengurus MGMP/MKKS Rayon dan Subrayon yang dilaksanakan pada Kamis, 15 Juni 2023. Kegiatan bertempat di Aula Gedung B Dinas P dan K Wonogiri dan dihadiri oleh 96 peserta terdiri atas Pengurus MKKS Rayon 2 orang, Ketua MKKS Subrayon 5 orang, Pengurus MGMP/MGBK Rayon 24 orang, dan 65 orang Ketua MGMP/MGBK Subrayon.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Sriyanto. Dalam arahannya, beliau menjelaskan latar belakang perlunya diselenggarakan kegiatan hari ini sekaligus juga memaparkan beberapa fenomena yang terjadi pada akhir-akhir ini untuk disikapi lebih serius. Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Tarmo, mengajak seluruh stake holder pendidikan, utamanya guru selaku garda depan proses pembelajaran untuk senantiasa menjadi suri tauladan yang baik bagi siswa.

 

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini adalah Agus Dwianto guru SMPN 1 Baturetno membawakan materi Pengelolaan Website, Sriyono guru SMPN 1 Wonogiri menyajikan materi Keterampilan Jurnalistik, Budi Prayitno guru SDN 1 Giriharjo mengantarkan materi E-KKG/MGMP/MKKS, dan Is Budiyarti Kepala SMPN 2 Jatiroto yang berbagi Praktik Baik Lolos Kurasi.

Peserta kegiatan hari ini diharapkan mampu menjadi penopang pengelolaan Webiste Dinas P dan K Wonogiri menjadi lebih baik dan lebih variatif lagi dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. Seiring dengan hasil rekomendasi Ombusman RI, bahwa tampilan Website Resmi Dinas P dan K Wonogiri akan lebih tertata, dengan jendela informasi yang telah tersusun dengan rapi sehingga masyarakat akan mendapatkan informasi secara lengkap.

Aplikasi E-KKG yang diterapkan sejak masa pandemi menjadi langkah solutif dalam penyelesaian program Kegiatan Kolektif Kepala Sekolah (KKKS) maupaun Kegiatan kolektif Guru (KKG) baik yang diselenggarakan di tingkat rayon maupun subrayon. E-KKG 2023 ini diawali dengan kegiatan unggah proposal dan entry peserta kegiatan lewat aplikasi yang tersedia. Pada saatnya nanti setelah MKKS dan MGMP/MGBK selesai menyelenggarakan KKG 2023 ini diharapkan mampu melengkapi dengan laporan kegiatan, daftar hadir peserta, sekaligus surat keterangan atau sertifikat bagi peserta KKG.

Materi Berbagi Praktik Baik Lolos Kurasi bagi Kepala Sekolah maupun guru diharapkan mampu memotivasi peserta untuk bisa lebih maksimal dalam melaksanakan Learning Managemen System pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dan pelaksanaan Kegiatan Komite Pembelajaran.