Peringati HUT ke-76 RI, SMPN 1 Wonogiri Gelar Upacara Bendera dan Penyerahan Hadiah Lomba

SMPN 1 Wonogiri menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera sebagai Peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada Selasa 17 Agustus 2021. Upacara dihadiri seluruh guru dan karyawan, berlangsung dari pukul 07.30 sampai pukul 08.15 WIB. Kepala Sekolah, Sri Nuryati bertindak sebagai Pembina Upacara dengan Pemimpin Upacara Agus Joko Sumarno.

Peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini masih seperti tahun lalu yaitu dalam masa pandemi Covid-19. Upacara bendera di SMPN 1 Wonogiri dilaksanakan secara khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dalam amanatnya, Kepala Sekolah mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk mengenang kembali para jasa para pahlawan yang berhasil mengantarkan kemerdekaan negara ini sehingga bisa terbebas dari cengkeraman penjajah. Beliau mengajak untuk menjadikan momen ini sebagai sarana untuk berkontribusi membangun negeri dan tetap menjaganya agar damai dan tenteram.

“Marilah kita berdoa supaya negara ini tetap merdeka damai dan tenteram, marilah kita berdoa supaya negara ini terbebas dari pandemi Covid-19 dan dijauhkan dari segala macam bencana. Marilah berkontribusi untuk memakmurkan, menjaga kemerdekaan dan kesejahteraan negara ini dengan saling bergotong-royong membangun negara ini supaya lebih baik lagi”, demikian Kepala Sekolah menutup amanatnya.

Setelah amanat pembina upacara dibacakan, selanjutnya adalah pembacaan doa. Setelah itu dilanjutkan dengan musikalisasi puisi kemerdekaan karya guru SMPN 1 Wonogiri, Didit Setyo Nugroho. Pembaca puisi, Endang Wahyuningsih dan Saryanto tampil dengan sangat baik dan penuh penghayatan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba tingkat sekolah dalam rangka memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia.

Lomba untuk guru ada dua yaitu Lomba Menyanyikan Lagu Patriotik dan Video Pembelajaran, sedangkan lomba untuk siswa ada tiga yaitu Lomba Video Kebhinekaan, Lomba Video Proses Hasta Karya, dan Lomba Penerapan Dasa Dharma Pramuka.

Pemenang Lomba Menyanyikan Lagu Patriotik adalah Nita Oktorina Kumalasari, Agustinus Joko Budiyanto, dan Murtining. Lomba Video Pembelajaran dimenangkan oleh Ais Widayanti (IPA), Susanto (TIK), dan Sunarno (IPA).

Adapun hasil lomba Hasta Karya dimenangkan oleh Charm Indah Neis Tara Ageng Nur Azizah (9A), Alma Nasywa Fairuz (7D), dan Nafisya Athya Handoko (8G). Lomba Penerapan Dasa Dharma dimenangkan oleh Januardhy Prabowo (8I), Septiana Develina Sinaga (7B), dan Eirena Jasmine J. (9B).

Untuk meningkatkan kebugaran juga diadakan Pertandingan Bulu Tangkis dan Tenis Meja untuk guru dan karyawan. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Kepala Sekolah, Waka Sarpras (Bambang Priyambodo) dan Waka Kesiswaan (Joko Trihono