Peringatan Ulang Tahun ke-77 RI, Kecamatan Jatiroto adakan Pawai Kebangsaan

Dalam rangka ikut memeriahkan peringatan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia, Kecamatan Jatiroto mengadakan Pawai Kebangsaan pada Kamis, 18 Agustus 2022. Mengusung tema yang sama dengan peringatan Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia yaitu “Bangkit Lebih Cepat Pulih Lebih Kuat”, pihak Kecamatan Jatiroto turut serta menggandeng seluruh komponen desa dan seluruh instansi di Kecamatan Jatiroto. Mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMK.

Sebagimana telah disiapkan panitia, rute yang ditempuh rombongan pawai diawali dari  Lapangan Sepak Bola Jatiroto. Kemudian akan berbelok ke utara melewati SMP PGRI Jatiroto lalu menuju timur pada Pos 1 tepatnya di Balai Lingkungan Sambiroto Lor. Selanjutnya menuju Pos 2 di Sambiroto Kidul, melewati pasar dan berhenti di depan Kantor Kecamatan Jatiroto sebagai Pos 3 sekaligus lokasi panggung kehormatan. Tepat pukul 08.00 WIB Pawai Kebangsaan dibuka langsung oleh Suparmo selaku Camat Kecamatan Jatiroto.

“Kami harapkan dari Pawai Kebangsaan di Kecamatan Jatiroto ini dapat kembali memantik semangat nasionalisme para warga Jatiroto dan seluruh komponen di Kecamatan Jatiroto karena sempat hiatus 2 tahun akibat pandemi covis-19 yang sempat melumpuhkan berbagai kegiatan di negara ini.” Tandasnya di sela-sela pembukaan Pawai Kebangsaan.

“Sesuai dengan jargon Bupati Wonogiri ‘Go Nyawiji Sesarengan mBangun Wonogiri’, semoga dengan dihidupkannya kembali peringatan dan Pawai Kebangsaan di Kecamatan Jatiroto ini semakin tercipta koleborasi yang saling menguatkan dalam mencapai hasil agar menjadi lebih baik.” Imbuh Suparmo sesaat sebelum kontingen pertama diberangkatkan dari Lapangan Jatiroto.

Rombongan pertama di awali dengan kontingen nomor urut 04 yaitu Kelurahan Jatiroto. Disusul Kontingen dari Korwilcam Pendidikan Jatiroto dan kontingen lainnya menyusul di belakangnya. Sejumlah kontingen perwakilan dari desa-desa di Kecamatan Jatiroto terlihat sangat antusias mengikuti Pawai Kebangsaan dengan membawa berbagai macam kostum serta kendaraan yang di dekorasi sedemikian rupa demi meramaikan acara.

Menjadi salah satu bagian yang ikut memeriahkan Pawai Kebangsaan di Kecamatan Jatiroto, Korwilcam Bidik Jatiroto yang digawangi Sugeng Priyono dan Hendriawati selaku pengawas bidik Jatiroto mengerahkan seluruh guru SD di Kecamatan Jatiroto untuk memeriahkan Pawai Kebangsaan tahun ini. Datang dari penjuru timur hingga barat, utara sampai selatan, seluruh guru SD di Kecamatan Jatiroto telah berkumpul sejak pukul 07.00 di SD Negeri 3 Jatiroto guna melakukan persiapan.

Kegiatan Pawai Kebangsaan Kecamatan Jatiroto ini juga digunakan sebagai ajang unjuk kreativitas antar kontingennya. Terbukti dengan dibentuknya tim display yang menampilkan “Sendratari Roro Jonggrang” garapan Ira dari SDN 2 Jatirejo sebagai salah satu punggawanya untuk mewakili kontingen Korwilcam Bidik Jatiroto dalam Pawai Kebangsaan di Kecamatan Jatiroto.

Tidak berhenti sampai disitu, semua kontingen baik dari instansi Pendidikan maupun dari pihak desa juga menampilkan pertunjukan-pertunjukan yang telah mereka persiapakan dengan apik untuk ikut meramaikan Pawai Kebangsaan Kecamatan Jatiroto.

Lokasi pertunjukkanpun telah ditentuan panitia Pawai Kebangsaan yang bertempat  di Pos 3 yaitu Panggung Kehormatan di depan Kantor Kecamatan Jatiroto. Panitia telah menetapkan 9 juri untuk melakukan penilaian di setiap Pos pada setiap kontingen peserta pawai kebangsaan. Hingga di penghujung acara telah ditetapkan Kelurahan Jatiroto sebagai Juara 1 Pawai Kebangsaan dengan Raihan nilai 2830. Disusul Korwilcam Bidik Jatiroto sebagai Juara 2 dengan nilai 2826. Dan Desa Mojopuro sebagai Juara 3 dengan nilai 2820.