Perdana, KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Gelar Webinar tentang PJJ

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sudirman Kecamatan Pracimantoro menyelenggarakan Pembukaan Kegiatan Kolektif Guru (KKG). Kegiatan kali ini dengan tema “Pembuatan Video Pembelajaran”.  Dihadiri oleh Ketua Gugus Sudirman Sawartai serta Ketua KKG Gugus Sudirman Nita Dewi Nurdianawati. KKG perdana ini diselenggarakan secara virtual menggunakan Google Meets pada Selasa, 15 Februari 2021.

Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai, bertugas sebagai host  Novi Untari guru SD Negeri 3 Wonodadi dengan moderator  Eni Widiyati guru SD Negeri 2 Gebangharjo.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 51 orang.

Sambutan yang pertama oleh Ketua Gugus Sudirman Sarwati Kepala SD Negeri 1 Glinggang Kecamatan Pracimantoro. Beliau mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada semua yang hadir pada kegiatan ini.  Beliau berharap agar seluruh rangkaian KKG Gugus Sudirman diikuti dengan baik karena merupakan bagian penting dalam peningkatan profesionalisme, kinerja dan pengembangan karier guru.

Sambutan selanjutnya oleh Ketua KKG Gugus Sudirman Nita Dewi Nurdianawati yang melaporkan tentang kegiatan KKG Gugus Sudirman tahun 2022 yang akan dilaksanakan dalam 5 paket dan dalam tiap paket ada 3 kali pertemuan.  KKG merupakan ajang untuk mengasah kompetensi guru agar menjadi professional dan bermutu sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik. KKG menjadi unsur kinerja utama di SKP sehingga  para guru wajib mengikuti KKG dari awal hingga akhir.

Winarni selaku narasumber menyampaikan materi tentang Pembuatan Video Pembelajaran. Dalam paparannya narasumber menyampaikan tentang media adalah pengantar pesan yang mampu merangsang pikiran siswa dalam proses pembelajaran.

Adapun kelebihan video pembelajaran diantaranya pembelajaran lebih menarik, materi lebih mudah dipahami, mengatasi keterbatasan ruang, waktu, ukuran, serta bersifat fleksibel dan praktis.   Peserta mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias meskipun diselenggarakan secara virtual. Ada berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham.

Narasumber memberikan closing statement yaitu dalam membuat media pembelajaran kita harus mengumpulkan niat terlebih dahulu demi kemajuan pembelajaran. Diakhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2022 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.