Percepatan Pelatihan Mandiri Melalui PMM Episode 2 pada KKG Prambanan

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara luring (Sabtu, 04/02/2023). Tema kegiatan yaitu Percepatan Pelatihan Mandiri Melalui Aplikasi PMM Episode 2, yang dimulai pukul 08.30 sampai 11.00 WIB. Bertugas sebagai narasumber Nyoman Tri Humardani, Kepala SD Negeri Plosorejo dan host Ariska Pujianti, Kepala SD Negeri Bendosari. Jumlah peserta kegiatan yang hadir sejumlah 37 orang.

Misno membuka kegiatan KKG dengan ucapan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan kesehatan. Misno juga mengucapkan selamat kepada SD yang menjadi juara lomba pesta siaga sekaligus mewakili tingkat kecamatan untuk maju ke Kabupaten nanti. Selain itu, Misno menyampaikan keprihatinan Bupati dengan dunia Pendidikan, karena adanya temuan anak–anak yang putus sekolah atau tidak melanjutkan ke SLTP. Bupati memberikan solusi untuk anak–anak tersebut untuk mengikuti kejar paket B. Misno juga menyampaikan keprihatian atas kasus kekerasan seksual yang melibatkan anak sekolah dan juga guru. Misno berharap kegiatan KKG pada pertemuan kali ini memberi manfaat dalam penyelesaian PMM.

Nyoman Tri Humardani selaku narasumber, menyampaikan materi tentang Percepatan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. Dalam penyampaiannya Narasumber memaparkan pembuatan Aksi Nyata pada Topik 2. Dalam pembuataannya, Aksi Nyata diberi link umpan balik dan rekapan umpan balik lalu digabung menjadi satu file pdf bersama Aksi Nyata tersebut. Narasumber mengajak peserta KKG untuk langsung praktik membuat Aksi Nyata melalui aplikasi canva bisa berupa video, foto, maupun PPT. Dalam praktiknya, narasumber ikut serta membantu peserta yang mengalami kesulitan dalam pembuatan Aksi Nyata. Pun juga, tidak lupa Narasumber memberikan semangat kepada peserta KKG Gugus Prambanan agar dapat menyelesaikan 4 Topik PMM dengan hati gembira dan jika mengalami kesulitan bisa bertanya kepada teman yang sudah bisa. Peserta KKG mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias. Ada beberapa pertanyaan dari peserta selanjutnya dijawab dengan baik dan jelas oleh Narasumber sehingga menjadi lebih paham. Semoga kegiatan KKG Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.