Paket Informasi PGP Angkatan 7 Kabupaten Wonogiri

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk pertama kalinya memperkenalkan dan meresmikan para Calon Guru Penggerak (CGP) pada pertengahan tahun 2020. Program Guru Penggerak (PGP) ditujukan untuk guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Melalui PGP, pendidik dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Selama pelaksanaan program, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator, dan Pengajar Praktik (PP) profesional. PGP fokus pada pengembangan kepemimpinan pembelajaran dalam mengembangkan profesionalitas guru di Indonesia. Menurut penjelasan dari Kemendikbudristek, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid. Paparan tentang PGP angkatan 7 dapat diakses melalui link klik di sini!

Kemendikbudristek akan mendorong Guru Penggerak menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia. Program ini merupakan kesempatan luar biasa bagi para guru di Kabupaten Wonogiri. Perjalanan Guru Penggerak dimulai dengan tahap seleksi dan mengikuti rangkaian Program Pendidikan Guru Penggerak selama 6 bulan dengan pola hybrid yang terdiri dari kelas pelatihan daring, lokakarya, dan pendampingan. Untuk dapat mengikuti PGP ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti secara online melalui SIM PKB. Informasi lebih lanjut tentang tata cara pendaftaran dan seleksi PGP dapat diakses melalui alamat klik di sini!

Dikutip dari laman Kemendikbudristek, Guru Penggerak akan bertugas menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya. Seorang guru penggerak dapat menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah. Guru penggerak juga bertugas untuk mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan PGP dapat merubah cara berpikir guru tentang pendidikan yang sesungguhnya sesuai dengan filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Banyak sekali pengalaman menarik para peserta yang telah lulus mengikuti PGP. Video testimoni tentang pengalaman mereka dapat dilihat melalui link berikut klik di sini!

Kemendikbudristek mengajak para guru terbaik untuk membuat transformasi pendidikan Indonesia dengan mendaftar menjadi Guru Penggerak. Apabila masih terdapat keraguan tentang Program Guru Penggerak, para guru dapat mengajukan pertanyaan dan melihat pertanyaan-pertanyaan seputar PGP melalui link klik di sini!

Jadwal seleksi PGP angkatan 7 dibuka 14 Maret 2022, peserta yang direkrut sebanyak 20.000 guru dari 446 daerah di Indonesia. Informasi lengkap tentang Surat Rekrutmen PGP angkatan 7 dapat diakses melalui link klik di sini!

Kemendikbudristek akan mengadakan sosialisasi secara virtual dengan para guru yang sudah mendaftar seleksi PGP. Agar tampilan saat pertemuan daring lebih memotivasi para calon guru peserta PGP, maka dapat mengunduh virtual background klik di sini!

Semoga informasi tentang Program Guru Penggerak ini dapat bermanfaat bagi guru-guru hebat di Kabupaten Wonogiri. Sukseskan merdeka belajar dengan mendaftar PGP. Guru bergerak Indonesia maju.