Pengembangan Silabus dan RPP Akhiri KKG Paket 2 MGMP IPA Subrayon 02 Wuryantoro 

MGMP IPA Subrayon 02 Wuryantoro mengadakan KKG paket 2 secara virtual melalui video conference (vicon) dengan tema “Pengembangan Silabus dan RPP” pada Sabtu (14/5/2022). Kegiatan dimulai pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan narasumber Sunarno, Ketua MGMP IPA Rayon Wonogiri dan guru SMP Negeri 1 Wonogiri, dipandu host Paryanto guru SMP Negeri 3 Pracimantoro dan moderator Sutardi guru SMP Negeri 4 Pracimantoro.

Kegiatan ini diikuti 38 peserta dan dibuka dengan sambutan Ketua MGMP IPA Subrayon 02 Wuryantoro Junarwan sekaligus memberikan laporan kegiatan. Beliau berharap dengan selesainya KKG paket 2 In 2 ini, peserta menghasilkan produk kegiatan berupa RPP dan Silabus yang disusun sendiri yang nantinya sebagai bukti pengumpulan tugas kegiatan. Beliau memuji peserta yang antusias mengikuti kegiatan dengan sangat serius dan penuh tanggung jawab. Tidak lupa beliau juga menyampaikan ucapan mohon maaf lahir dan batin, karena masih di bulan Syawal.

Sunarno guru SMP Negeri 1 Wonogiri sekaligus ketua MGMP IPA Rayon Wonogiri mengawali kegiatan inti dengan memaparkan materi pengembangan Silabus dan RPP. Pemaparan materi diberikan dengan sangat jelas, mudah dimengerti, dan dipahami oleh peserta kegiatan. Beliau menekanakan betapa pentingnya perencanaan kegiatan pembelajaran, terutama tentang Silabus dan RPP. Tanpa perencanaan yang matang mustahil keberhasilan kegiatan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Kegiatan inti selanjutnya adalah narasumber melakukan review dan verifikasi dari Silabus dan RPP yang dipresentasikan oleh Paryanto guru SMP Negeri 3 Pracimantoro, kebetulan beliau juga sebagai host kegiatan. Narasumber memberikan pengertian bagaimana Silabus dan RPP itu tergolong kurang baik, baik, dan baik sekali melalui format F3 dan F4.

Akhir kegiatan Sutardi selaku moderator menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran akan berhasil sesuai yang diharapkan jika perencanaan dilakukan secara matang dan benar. Untuk itu memohon untuk semua peserta benar-benar mengambil manfaat dari kegiatan yang telah diselenggarakan ini.