Pembukaan MGBK Subrayon 05 Purwantoro Tahun 2023

MGBK Subrayon 05 telah menyelenggarakan KKG Paket 1 Pertemuan 1 pada Rabu, 1 Februari 2023 dengan agenda kegiatan Percepatan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) sekaligus pembukaan KKG BK Subrayon 05 Purwantoro Tahun 2023. Kegiatan KKG dibuka oleh Ibu Amalia Anggit Utami dilanjutkan doa dan sambutan Ketua MGBK Subrayon 05 Purwantoro Yanuar Prasetyanto Nugroho. Adapun isi sambutan adalah menekankan peserta KKG BK Subrayon 05 Purwantoro lebih aktif dalam kegiatan, kerja sama dan saling berbagi ilmu antar peserta. Rencana kegiatan KKG tahun 2023 akan diseleggarakan 5 paket dengan harapan kegiatan KKG tersebut dapat menambah ilmu sekaligus mempererat silaturahmi antar peserta KKG.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri M. Ichwan Effendi. Beliau mengapresiasi respon peserta KKG terutama di Subrayon 05 yang sangat cepat tanggap terhadap percepatan PMM ini. Hal ini terbukti dalam satu minggu ini KKG dengan tema Percepatan IKM sudah dimulai dari semua mapel termasuk juga Bimbingan dan Konseling.

Berikutnya acara inti yaitu paparan materi Percepatan IKM  M. Ichwan Effendi. Progres PMM di Wonogiri topik 1–4 yaitu 64,74%, termasuk ke dalam zona kuning. Hal ini kebanyakan terkendala pada pembuatan aksi nyata. Diharapkan dengan percepatan IKM ini akan meningkatkan capaian pada angka 85 % di mana angka tersebut masuk pada zona hijau. Langkah-langkah yang bisa di ambil adalah : 1) Pilih aksi nyata sesuai tugas, 2) Pilih aksi nyata yang paling mudah, 3) Persiapkan kelengkapannya, 4) Baca petunjuk, 5) Gunakan media yang dikuasai, 6) Susun kerangka : deskripsi, dokumentasi, refleksi dan feedback. Aksi nyata disusun dengan sistematika, judul aksi nyata, deskripsi, dokumentasi, refleksi sesuai petunjuk, Feedback langsung/googleform. Pertemuan KKG diakhiri dengan penyusunan aksi nyata topik 1 oleh peserta.