Pembukaan KKG Reguler 2021 FKKG Kecamatan Tirtomoyo

Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Guru Kelas Kecamatan Tirtomoyo menyelenggarakan kegiatan Pembukaan KKG Reguler 2021 dengan materi Assesment Kompetensi Minimum. KKG yang diselenggarakan pada hari Senin, 8 Februari 2021 dilaksanakan  secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams dan Live Streaming Youtube. Kegiatan Pembukaan KKG Reguler diselenggarakan oleh FKKG Guru Kelas Kecamatan Tirtomoyo yang diikuti 199 peserta.

Acara virtual ini dibuka oleh Suyatno, S.Pd selaku wakil KKKS. Suyatno menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas terselenggaranya  acara ini. Tujuan kegiatatan KKG yaitu : 1) Memberikan keterampilan yang memadai, 2) Terbentuknya saling tukar rasa dengan teman sejawat, 3) Meningkatkan kualitas pembelajaran, dan 4) Sebagai kegiatan jangka panjang kualitas pendidikan. KKG mempunyai harapan: terwujudnya karier guru, memberikan kesempatan guru untuk melakukan Feedback, dapat terbina hubungan timbal balik, serta dapat memanfaatkan lingkungan untuk menciptakan pembelajaran yang PAKEM.

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi Assesment Kompetensi Minimum oleh Drs. Eko Sri Hartanto, M.Pd, Pengawas SD Korwil Bidikcam Tirtomoyo. Bapak Eko menyampaikan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan Peningkatan Kompetensi Peserta Didik. Ujian Nasional (UN) dilaksanakan terakhir kali pada tahun 2020. Mulai tahun 2021, UN akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. AKM mencakup: literasi, numerasi, karakter dan survey lingkungan. Pelaksanaan AKM dilakukan pada siswa yang berada di jenjang tengah Sekolah (misalnya kelas 5, 8, dan 11) sehingga mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran dan tidak bisa digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya.

Pada kesempatan ini Eko juga menyampaikan tentang instrument asesmen nasional, jenis AKM Numerasi-Literasi, bentuk soal AKM, komponen AKM, lini masa AKM, survey karakter dan Survey lingkungan belajar.

Pada sesi tanya jawab  dan tanggapan, Drs. Eko Sri Hartanto, M.Pd menanggapi bahwa rencana pelaksanaan AKM diterapkan pada semua sekolah karena menyangkut semua sekolah. Namun yang dinilai tidak semua siswa tetapi beberapa siswa sebagai sampel. Siswa yang diikutkan AKM adalah siswa kelas 4 yang akan naik ke kelas 5.  Pelaksanaan di kelas 5. Pada akhir sesi, moderator menyampaikan bahwa materi AKM pertemuan ke-2, rencana akan dilaksanakan minggu depan. Ucapan terima kasih kepada semuanya atas partisipasi melalui aplikasi Microsoft Teams dan Live Streaming Youtube.

Reportase oleh: Triwik Ratnawati, S.Pd.