Pembuatan Media Pembelajaran Big Book bersama KKG Gugus Mawar Kecamatan Wonogiri

KKG Gugus Mawar Wonogiri menggelar Kegiatan Kolektif Guru dengan tema “Pembuatan Media Pembelajaran Big Book pada Sabtu, 21 Agustus 2021 menghadirkan narasumber Fita Rahmawati selaku guru di SD Negeri 3 Pracimantoro. Dalam kegiatan virtual tersebut narasumber memaparkan materi kepada guru kelas dan kepala sekolah se-Gugus Mawar tentang pembuatan media pembelajaran khususnya Big Book. Dihadapan sekitar 50 peserta vicon disebutkan terdapat 3 latar belakang pemilihan media pembelajaran Big Book yaitu (1) media memiliki peran penting dalam meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar membaca, (2) Big Book merupakan salah satu media dengan karakteristik khusus yang efektif untuk pembelajaran membaca, terutama kelas awal dan (3) Big Book dapat dibuat sendiri oleh guru. Dalam kegiatan yang dipandu oleh host Ibnu Sri Nawanto dari SDN Purworejo dan dimoderatori oleh Wisnu Indraswara Nurhatmoko dari SDN 2 Wonoboyo tersebut, narasumber mengharapkan setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta dapat: (1) mengidentifikasi karakteristik dan manfaat Big Book, (2) membuat Big Book dan (3) mempraktikkan penggunaan Big Book.

Kegiatan berlangsung menarik dengan adanya tanya jawab antara narasumber dan peserta. Sebagai contoh narasumber bertanya apa yang dimaksud dengan Big Book. Dua peserta menjawab dengan berbeda dan dikuatkan dengan jawaban narasumber. Big Book adalah buku cerita dengan ukuran, gambar, dan tulisan besar yang biasanya digunakan untuk pembelajaran membaca melalui membaca bersama dan membacakan cerita. Yang membedakan dengan buku cerita yang lain adalah ukurannya yang besar, gambar dan tulisannya juga besar. Big Book dapat digunakan untuk membantu pencapaian kompetensi siswa. Menurut narasumber, ciri-ciri Big Book adalah (1) ukuran kertas 40x50cm atau kertas A3, (2) dapat disajikan secara landscape maupun potrait, (3) jumlah halaman 8-15 halaman, (4) didominasi gambar yang besar dan mendukung teks, (6) memiliki tulisan yang besar dan singkat serta tidak banyak kalimat dan (7) topik cerita dekat dengan siswa dan sesuai kebutuhan siswa. Membuat Big Book dapat dilakukan secara manual maupun digital.

Dalam kegiatan menulis cerita di Big Book secara manual yang perlu diperhatikan adalah dengan huruf yang baku jangan mengunakan huruf yang variatif. Perlu diperhatikan juga tinggi rendah huruf terutama untuk peserta didik di kelas rendah. Sedangkan secara digital yang perlu diperhatikan juga huruf atau font. Font yang dianjurkan bisa menggunakan jenis font: Lucida handwriting, comic sans MS, Bradley Hand ITC. Di akhir pertemuan, narasumber mengharapkan dipertemuan berikutnya Bapak/Ibu Guru di Gugus Mawar Kecamatan Wonogiri dapat mempresentasikan hasil karyanya.