Pemanfaatan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Pada bulan Ramadan tahun ini, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Subrayon 01 Wonogiri tetap menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, yaitu Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 4 pertemuan 1 dengan tema Pemanfaatan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual dengan Microsoft Teams pada Kamis, 29 April 2021 pukul 08.00-12.00 WIB, diikuti oleh 58 guru bahasa Indonesia SMP/MTs dari sekolah negeri maupun swasta di lingkungan subrayon 01 Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan daring dimulai pada pukul 08.00 WIB. Hery Susanto guru SMP Negeri 3 Wonogiri yang bertugas sebagai host mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta KKG yang telah masuk pada meeting room. Selanjutnya host mempersilakan Endang Wahyuningsih, guru SMP Negeri 1 Wonogiri selaku moderator pada kegiatan kali ini untuk memandu acara. Ketua MGMP Bahasa Indonesia Subrayon 01, Hery Susanto dalam sambutannya menyampaikan agenda KKG paket 4 hari ini. Hery Susanto berharap guru bahasa Indonesia untuk berperan aktif dalam KKG, baik di subrayon maupun di sekolah masing-masing. Menurut Hery Susanto kegunaaan dari KKG adalah sebagai wadah silahturami, tukar pendapat yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan guru dalam mencapai keberhasilan pendidikan siswa.

Dalam KKG kali ini, juga dihadiri Sriyono, selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia Rayon Kabupaten Wonogiri dan Rajiman selaku Koordinator MGMP Bahasa Indonesia Rayon 01 Wonogiri. Rajiman dalam sambutannya mengatakan bahwa pemanfaatan Microcoft Teams dapat meningkatkan kemajuan belajar yang luar biasa untuk PJJ. Pembelajaran dengan Microsoft Teams tidak hanya dilaksanakan pada masa pandemi saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain di sekolah masing-masing di masa mendatang. Selain itu, Rajiman mengingatkan kepada seluruh peserta KKG Bahasa Indonesia, bahwa kegiatan KKG ini tidak hanya sekadar seremonial belaka, tetapi juga dapat menambah ilmu kita. Rajiman berpesan agar kegiatan KKG Bahasa Indonesia harus digairahkan untuk kemajuan mata pelajaran Bahasa Indonesia di subrayon 01 Wonogiri. Pada bagian lain, Sriyono menyampaikan dua hal penting, yang pertama KKG Bahasa Indonesia Subrayon 01 senantiasa tetap dilaksanakan sesuai rencana dan hal yang kedua tentang cara memetakan Kompetensi Dasar Kurikulum darurat pada e-rapor kelas VII, VIII, dan IX.

 

Acara inti dalam kegiatan ini, Sriyono dari SMPIT Al-Huda Wonogiri yang bertugas sebagai narasumber menyajikan materi Pemanfaatan Microsoft Teams dalam mendukung PJJ. Pada kesempatan tersebut, narasumber memaparkan secara jelas dan rinci mengenai cara membuat, menghadiri, dan menjalankan rapat dengan Microsoft Teams yang sesuai dengan skenario guru dalam PJJ. Microsoft Teams dianggap dapat membantu guru membuat dan menjalankan rapat untuk ruang kelas virtual. Dengan beralih ke pembelajaran secara daring dapat memberikan serangkaian tantangan baru untuk guru dalam PJJ. Harapannya dengan pemanfaatan Microsoft Teams dalam PJJ dapat memungkinkan guru menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Microsoft Teams memungkinkan siswa dan guru dapat tetap berkomunikasi dan saling membantu menggunakan percakapan, dan dapat merasa seperti mereka bertemu langsung menggunakan pertemuan langsung. Semua rekaman rapat dalam Microsoft Teams dapat disimpan sehingga guru bisa membagikan ulang rekaman pembelajaran dengan aman pada siswa. Selain itu, guru dapat melacak kemajuan siswa dalam pekerjaan sehari-hari mereka menggunakan tugas.

Kegiatan Kolektif Guru (KKG) kali ini diwarnai dengan adanya pertanyaan dari beberapa peserta KKG yang ikut menanggapi materi yang dipaparan narasumber. Hal ini menunjukkan antusiasme peserta dalam kegiatan ini. Salah satu pertanyaan dari Ernawati guru SMP Negeri 6 Wonogiri yang menanyakan tentang penggunaan paket internet pada Microsoft Teams. Pertanyaan tersebut tentu mendapatkan jawaban yang jelas dari narasumber. Pada akhir pemaparannya narasumber menuturkan bahwa penggunaan IT itu sangat mudah, modalnya hanya klik, yang intinya hanya mengubah kata-kata ke gambar. Semua platform bagus digunakan dalam pembelajaran, tergantung kita yang menggunakannya. Pada sesi penutup, moderator menyimpulkan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, guru dikenalkan aplikasi Microsoft 365 yang sangat luar biasa kemanfaatannya dalam PJJ.