Pemanfaatan  Informasi Teknologi (IT) untuk Pembuatan Flyer

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Subrayon 03 kembali menggelar KKG (Kegiatan Kolektif Guru) paket ke- tentang Pemanfaatan IT (Information Teknologi) dalam pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Kamis, 18 Maret 2021 melalui pertemuan daring menggunakan Microsoft teams dengan  narasumber Bapak Jaka Santosa dari SMP Negeri 2 Giritontro dengan tema pembuatan flyer . Ibu Mulyati selaku host memulai acara dengan membuka ruang pertemuaan dan menyapa peserta yang telah hadir, kemudian menyerahkan acara sepenuhnya kepada moderator Bapak Sumanto. 

Ketua MGMP Subrayon 03, Bapak Sagiman mengawali dengan memberikan sambutan dan menyampaikan tujuan dari KKG. Di era sekarang guru dituntut untuk bisa memanfaatkan IT dalam pembelajaran, usia bukanlah sebuah alasan untuk tidak belajar, jelas beliau.Pertemuan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) hari ini akan belajar membuat flyer dan diharapkan pasca kegiatan ini guru-guru bisa membuat flyer’’, tambah Bapak Sagiman Sebagai produk (out put) dari kegiatan hari ini guru diminta mempresentasikan hasil flyer mereka pada pertemuan yang akan datang. Selain itu, kegiatan paket ke-2 yang direncanakan dilaksanakan 3 kali pertemuan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada guru-guru senior untuk terus semangat belajar IT. 

Selanjutnya kegiatan diserahkan kepada Bapak Jaka Santosaselaku narasumber yang membawakan materi pembuatan flyer menggunakan Ms Word. Sebelumnya beliau menyampaikan tujuan membuat flyer dan hal-hal yang perlu diperhatiakan dalam membuatnya. Flyer, dalam hal ini flyer bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, terutama saat pandemi karena sebagian besar kegiatan dilaksanakan secara online’’, terang beliau. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam membuat flyer, namun beliau lebih memilih untuk menggunakan Ms. Word karena lebih familiar dan banyak fitur-fitur yang bisa digunakan. Bapak Jaka Santosa juga mengajak sharing kepada peserta terkait pembuatan flyer dengan aplikasi lain. Pada sesi berikutnya beliau juga menjelaskan bahwa teknik flyer dengan Ms. Word bisa juga difollow up menjadi sampul buku. Peserta kemudian praktik membuat sampul buku sehingga  sampul perangkat pembelajaran bisa lebih menarik. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru Bahasa Indonesia Subrayon 03 ini berlangsung lancar dan sukses meskipun ada sedikit kendala teknis. Setelah acara sharing dan tanya jawab selesai, acara dikembalikan kepada moderator dan selanjutnya ditutup oleh host.