Ngopi Hangat bersama Plt Kadinas P dan K di Radio Giri Swara

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri berkesempatan menjadi narasumber di salah satu kegiatan Radio Giri Swara, Ngobrol Pendidikan Harus Semangat (NGOPI HANGAT). Bersama Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri FX. Pranata di dampingi oleh Kabid Dikdas, yang mana dengan mengangkat tema “Mitigasi Permasalahan Sosial Peserta Didik” (Selasa, 28/02)

Dipandu oleh Rahayu Kinasih atau lebih dikenal dengan sebutan mbak Kikin. Siaran interaktif ini berlangsung hangat karena tema yang sedang tren di kalangan masyarakat saat ini. Adanya permasalahan pendidikan putus sekolah dan degradasi moral maupun sosial. FX. Pranata menyampaikan bahwa pemerintah berupaya untuk mengedukasi peserta didik maupun masyarakat sekitar. Melihat kondisi saat ini bahwa adanya putus sekolah dilatarbelakangi oleh anggapan orang tua yang mengatakan bahwa sekolah tidak penting untuk masa depan. Hal ini harus diberikan pendampingan agar mendapat pendidikan yang sejahtera.

Perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu sumber masalah adanya degradasi moral dan sosial. Kurangnya pendampingan maka timbul penyalahgunaan teknologi yang berdampak pada pendidikan di Wilayah Wonogiri khususnya. “Maka harus dilakukan proses deteksi dini terhadap peserta didik oleh guru maupun lingkungan sekolah untuk melihat perkembangan setiap peserta didik”, sambung FX Pranata.

Mitigasi pendidikan harus bersinergi antara pemerintah dengan masyarakat untuk melakukan upaya agar sekolah menjadi rumah kedua bagi para peserta didik. Sehingga lingkungan sekolah menjadi tempat dalam melaksanakan pembelajaran yang aman dan menyenangkan. Hal tersebut tak lepas dari dukungan orang tua dan lingkungan sekitar.