Momen Istimewa di 21 April 2021 bagi Dinas P dan K

21 April 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 2021 sebagai salah satu hari besar penanda perjuangan pahlawan nasional. Pada masa ke masa dikenal melalui perjuangannya dalam melawan tradisi di Indonesia kuno, dimana wanita selalu ditempatkan dalam posisi pasif dalam kehidupan bermasyarakat, kemudian beliau mengubahnya dengan perjuangan dalam memberikan pendidikan pada perempuan-perempuan di sekitarnya.

Peringatan hari Kartini dipertingati setiap tanggal 21 April. Lalu apa yang mendasari hari peringatan tersebut? Kepres No.108 tahun 1964 itu secara garis besar, berisi mengenai penetapan R.A Kartini sebagai Pahlawan Nasional dan penetapan secara resmi tanggal 21 April sebagai Hari Kartini di Indonesia. Penetapan Hari Kartini ini sendiri mengacu pada hari lahir R.A Kartini, yakni 21 April 1879.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri turut memperingati 21 April sebagai Hari Kartini dengan mengenakan pakaian adat jawa. Ide gagasan tersebut dipelopori oleh Yuli Bangun Nursanti selaku Kadinas P dan K. Seluruh warga Dinas P dan K berpartisipasi dalam pemakaian adat jawa ini. Tidak hanya staf Dinas P dan K, namun seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di satuan pendidikan juga ikut menyemarakkan momen istimewa ini.

Semangat Untuk Indonesia Maju – Sesarengan mBangun Wonogiri

“Habis Gelap Terbitlah Terang”,  jangan pernah menyerah dengan situasi yang sulit, terus berjuang dan jaga harapan, sebab harapan ibarat cahaya terang berpendar di tengah kegelapan.