MKKS Subrayon 04 Jatisrono dan 05 Purwantoro Selenggarakan Pembukaan Kegiatan Kolektif

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Subrayon 04 Jatisrono dan MKKS Subrayon 05 Purwantoro bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Pembukaan Kegiatan Kolektif Kepala Sekolah (KKKS) Tahun 2021 sesuai program kerja MKKS Tahun 2021. Kegiatan Pembukaan KKKS dihadiri oleh Kepala Dinas, Kabid PTK, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Pengawas Pembina, Pengurus MKKS Kabupaten Wonogiri, dan seluruh kepala sekolah di wilayah Subrayon 04 dan 05. Kegiatan diselenggarakan secara darling (kombinasi daring dan luring), untuk kegiatan upacara pembukaan KKKS diselenggarakan secara luring (Jumat, 5/3/2021), sedangkan kegiatan kolektif lanjutan dilaksanakan secara daring menggunakan Microsoft Teams.

Bertugas sebagai pembawa acara pada kegiatan tersebut adalah Utami Padriastuti, Kepala SMPN 4 Jatisrono. Kegiatan diawali dengan membacakan susunan acara dilanjutkan menyanyikan Indonesia Raya 3 stanza.

Hartanto selaku ketua MKKS Kabupaten Wonogiri sekaligus ketua panitia menyampaikan, kepala sekolah harus melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang salah satunya adalah KKKS. Tujuan KKKS terutama untuk meningkatkan 5 kompetensi kepala sekolah yang meliputi KEMANA KAU SUSI (Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, dan Kompetensi Sosial). Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di subrayon yang lain. Ketua panitia selanjutnya memohon kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri untuk membuka secara resmi KKKS di Subrayon 04 dan 05.

Sambutan yang pertama oleh Kepala Bidang PTK Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri Retno Puspito Rini. Beliau memberi penekanan pentingnya kompetensi manajerial yang harus dimiliki kepala sekolah. Yang pertama kompetensi dalam mengelola administrasi keuangan sekolah dan yang kedua kompetensi dalam memanajemeni sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya yang lain. Kepala sekolah juga harus literat dan harus cepat tanggap. Beliau juga mengapresiasi kegiatan ini dan berharap semoga berjalan lancar sesuai rencana.

Sambutan lainnya oleh Gino, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Beliau menyampaikan, karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara PJJ, maka kepala sekolah harus memastikan semua siswa mendapatkan pelayanan pembelajaran yang optimal dan harus aktif mendampingi guru dalam melaksanakan PJJ. Kepala sekolah juga harus aktif dalam menyiapkan perubahan RKAS, tindak lanjut adanya perubahan dalam penyaluran dana BOS, juga harus aktif bersama TPS untuk mengelola Dapodik sehingga benar-benar dapat menyajikan profil sekolah yang sesungguhnya.

Sambutan selanjutnya dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti. Beliau memberikan arahan dan motivasi terkait kedudukan kepala sekolah bukanlah Bos yang minta dilayani di sekolah tetapi kepala sekolah adalah pelayan pendidikan bagi masyarakat di sekolah. Selanjutnya disampaikan bahwa kunci keberhasilan setiap kegiatan adalah sumber daya manusia, kemudian diikuti sumber daya yang lain. Untuk itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mengambil langkah dalam pembinaan sumber daya manusia yaitu pembentukan Tim Pengembang Konten Pendidikan, Tim Kreatif, Penyusunan E-KTSP, dan pembentukan 5 Piloting Sekolah Digital jenjang SMP. Untuk lebih memotivasi kepala sekolah, selanjutnya beliau berbagi best practice selama menjadi kepala sekolah dalam melakukan perubahan di sekolah yang beliau pimpin dari sekolah yang biasa menjadi sekolah yang luar biasa.

Selesai acara pembukaan KKKS dilanjutkan penyajian materi pertama Penguasaan Office 365 bagi Kepala Sekolah dilakukan secara daring menurut kelompok subrayon masing-masing. Untuk MKKS Subrayon 04 bertindak sebagai narasumber adalah M. Irianto Mewal dan Is Budiyarti, sedangkan untuk MKKS Subrayon 05 adalah Rendro Mardiyanto.