MKKS SMP Kabupaten Wonogiri Ikuti Webinar MKKS Soloraya

MKKS SMP se Soloraya mengadakan Webinar Nasional Kepala Sekolah se Soloraya pada hari Rabu, 10 Februari 2021. Webinar tersebut di ikuti Kepala Sekolah Negeri dan Swasta se eks Karesidenan Surakarta, antara lain MKKS SMP Kabupaten Surakarta, MKKS SMP Kabupaten Boyolali, MKKS SMP Kabupaten Sukoharjo, MKKS SMP Kabupaten Karanganyar, MKKS SMP Kabupaten Wonogiri, MKKS SMP Kabupaten Sragen, dan MKKS SMP Kabupaten Klaten. Sebagian mengikuti langsung di Aula SMP Negeri 1 Surakarta, dan sebagian lainnya mengikuti di titik-titik yang sudah di tentukan.
Sesuai arahan Ketua MKKS SMP kabupaten Wonogiri , Hartanto, M.Pd. bahwa kegiatan ini dari 5 titik berbeda sesuai dengan Sub Rayon masing-masing.

Sub Rayon 01 bertempat di SMP negeri 1 Wonogiri

 

Sub Rayon 02 di SMP Negeri 1 Manyaran

Sub rayon 03 di SMP Negeri 3 Baturetno

Sub Rayon 04 di SMP Negeri 2 Girimarto

Sub Rayon 05 di SMP Negeri 1 Purwantoro.

Kegiatan Webinar ini menggunakan aplikasi Zoom dengan mengambil tema “ Tantangan dan Harapan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19” yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Dirjen PAUD Dikdasmen Kemdikbud Republik Indonesia, Jumeri, S.TP.,M, Si.
Kegiatan Webinar MKKS Soloraya dimulai pada jam, 10.00 dan seesai pada Jam 12.00. Selain Dirjen PAUD Dikdasmen sebagai pembicara utama, hadir juga Walikota Surakarta FX. Hadi Rudiyatmo.Dalam kesempatan webinar ini Walikota Surakarta menyampaikan sebagai pemimpin, biar tidak mudah terkena Virus Covid-19. Maka kita jangan stress, dan jangan mudah marah. Selanjutnya sekolah jangan pernah menahan Ijazah, apalagi bagi murid yang dalam katagori miskin. Usaha Kepala Sekolah dan Dinas di Solo bisa membantu HP bagi siswa miskin untuk Pembelajaran Jarak Jauh patuh dicontoh Kabupaten lain. Sesanti dari Walikota yang paling menarik adalah Sepeda yang artinya Sopo eling Pangeran Entuk Donya Akhirat . Jadi apapun jabatan kita harus tetap ingat kepada Allah Yang Maha Esa.
Sedangkan Dirjen PAUD Dikdasmen, Jumeri, STP, M.Si, menyampaikan tentang Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2021. Kibajakan Kementrian tersebut untuk menjawab tantangan dan harapan di dunia pendidikan pada masa pandemi Covid-19 yang selesainya belum juga kita ketahuibersama. Sebagai kepala sekolah harus tahu apa yang kita lakukan. Bekerja dengan ikhlas, penuh pengabdian tanpa mengharap apapun. Selalu menawarkan solusi terhadap apapun permasalahan yang ada di dunia pendidikan. Setia kepada profesi yang kita miliki. Jadilah Kepala Sekolah yang baik.
Ada tiga hal penting pada masa pandemi ini, yaitu APK tinggi. Yang kedua mutu pendidikan, dan ketiga disparitas atau kesenjangan, yang saat ini Kemdikbud banyak fokus ke daerah 3 T ( terluar, termiskin, dan terpencil).
Asesmen Nasional tetap dilaksanakan sebagai penngganti Ujian Nasional. Asesmen Naional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan padaseluruh sekolah, madrasah, dan program Kesetaraan jenjang dasar dan menengah.Pelaksanaannya di undur dari bulan Maret 2021 menjadi Bulan September 2021.
PPDB dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mentediakan bantuan teknis bagi daerah yang memerlukan mekanisme PPDB daring.
Demikian laporan kegiatan webinar pada hari ini, semoga bermanfaat.