MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Gelar KKG Percepatan PMM

MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno menggelar kegiatan kolektif guru (KKG) dengan tema “Percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM)”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Wiyono, Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Wasito Setiadi, koordinator MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno, dan Purnomo Adi Nugroho, Ketua MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 1 Baturetno berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB pada Rabu (21/9/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh anggota MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno. Acara dipandu oleh Fitria Etika Puri, guru SMPN 1 Baturetno dengan membacakan susunan acara, kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Lukas Sarjito, guru SMPN 2 Paranggupito.

Acara berikutnya adalah sambutan dari Purnomo Adi Nugroho, Ketua MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno. Adi mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMPN 1 Baturetno yang telah menyediakan tempat dan seluruh anggota MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno yang telah hadir dalam kegiatan ini. Guru SMPN 1 Karangtengah ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk percepatan penggunan Platform Merdeka Mengajar (PMM) oleh seluruh anggota MGMP TIK dan Prakarya. PMM menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, sehinga diharapkan semua guru prakarya dan TIK bisa memanfaatkannya.

Selanjutnya sambutan dari kepala SMPN 1 Baturetno, Siti Safuroh. Dalam sambutannya, Siti Safuroh mengucapkan selamat datang kepada peserta MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno, menyampaikan terima kasih bahwa SMPN 1 Baturetno mendapatkan kepercayaan menyediakan tempat dalam pelaksanaan kegiatan MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno dan juga memberikan selamat kepada rekan-rekan guru PPPK yang baru bergabung dalam MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno.

Wasito Setiadi, koordinator MGMP TIK dan Prakarya Subrayon 03 Baturetno pada kesempatan ini juga memberikan sambutan. Kepala SMPN 2 Tirtomoyo ini berharap dengan banyaknya perubahan di dunia pendidikan hendaknya guru TIK dan Prakarya bisa mengikuti. Salah satu caranya dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar. Kemudian beliau menyampaikan harapannya kepada guru PPPK agar bisa menjadi pelopor perubahan dalam transformasi dunia pendidikan dengan menanamkan Profil Pelajar Pancasila kepada siswa di lingkungan sekolahnya.  Seorang guru bisa membuat perubahan dari hal yang paling kecil,  dimulai dari kelas tempat mengajar. Pembiasaan-pembiasaan baik bisa dilakukan di lingkungan sekolah seperti salat berjamaah, salat Dhuha, mengadakan kegiatan BTA, mengadakan jumat bersih, aktif mengikuti kegiatan pawai kemerdekaan, dll. Kegiatan ini dalam rangka memupuk sifat religius, mandiri, gotong royong serta berkebangsaan.

Wiyono sebagai Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang hadir pada kesempatan ini melakukan pendampingan dan pemantauan dalam percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Platform Merdeka Mengajar menyediakan berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk bekal pelaksanaan kurikulum merdeka. Rekam jejak keaktifan guru dalam memanfaatkan PMM akan terekam dalam BANSM sebagai mutu guru yang bisa berpengaruh terhadap akreditasi sekolah.  .

Acara berikutnya adalah pengisian Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dipandu oleh Purnomo Adi Nugroho. Adi menjelaskan ada 9 topik dan aksi nyata  dalam  Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang harus diselesaikan oleh guru. Pengurus MGMP juga membagikan tautan yang harus di isi oleh seluruh anggota MGMP, yang bertujuan untuk memantau sejauh mana anggota MGMP TIK dan Prakarya sudah mempelajari dan mengerjakan modul di 9 topik yang ada dalam  Platform Merdeka Mengajar (PMM). – SC