MGMP Prakarya Subrayon 03 Serukan Jadi Guru ASIK

Pendidikan di masa pandemi Covid-19 menarik atensi dan animo guru mata pelajaran Prakarya SMP Kabupaten Wonogiri. Bukti nyata ditunjukkan oleh MGMP Prakarya Subrayon 03 Baturetno.  Rabu, 30 September 2020 MGMP Prakarya SMP Subrayon 03 Baturetno menggelar kegiatan webinar. Kegiatan diadakan sesuai jadwal dari rayon agar tidak berbenturan dengan kegiatan MGMP prakarya di subrayon.

Kegiatan ini digelar menggunakan Microsoft Teams. Webinar diadakan bagi seluruh guru Mapel Prakarya se-Kabupaten Wonogiri. Antusias para guru prakarya pun ditunjukkan dengan bergabung di kegiatan webinar ini.

Acara dipandu oleh Purnomo Adi Nugroho, S.Kom.(dari SMP N 1 Karangtengah) selaku host. Purnomo bertugas mengatur jalanya acara. Ikhsan Laili, S.Ag.(SMP Muhammadiyah 2 Baturetno) bertindak sebagai moderator yang memandu acara dan Sedangkan Witarsih S.Pd.(dari SMPN 1 Batuwarno) Ketua MGMP Prakarya Subrayon 03 menyampaikan prakata untuk membuka kegiatan webinar.

Kegiatan ini mengundang narasumber Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri selaku pengawas binaan subrayon 03 bapak Drs. Wiyono, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa sebagai pendidik harus mengikuti era global dengan keterampilan untuk pendidkan masa depan dengan cara memanfaatan teknologi digital. Dan dimasa Pandemi Covid 19 mengubah pola pembelajaran daring maka dari itu beliau menekankan bahwa setiap guru wajib menyusun dan mempunyai perangkat pembelajaran setiap tahunnya. Selain itu untuk kenaikan pangkat guru diharapkan memahami tupoksinya sebagai pendidik sesuai dengan regulasi. Menyikapi hal tersebut, guru diharapkan membuat perencanaan PKB (PD dan PI/KI)

Narasumber selanjutnya adalah Koordinator MGMP Prakarya Subrayon 03, J. Kabul Suripto S,Pd.(Kepala Sekolah SMPN 2 Paranggupito). Kondisi Riil dilapangan yang terjadi pada mapel Prakarya merupakan mapel yang baru muncul sejak mulai diterapkan kurikulum 2013. Guru yang mengajar mapel Prakarya se kabupaten wonogiri khususnya sub rayon 03 mayoritas tidak memiliki basic pendidikan yang relevan. Selama diberlakukan kurikulum 2013 intensitas pengembangan kompetensi guru prakarya melalui kegiatan Diklat atau sejenisnya masih minim dan intensitas pengembangan kompetensi guru melalui MGMP belum bisa maksimal, maka dari itu bapak koordinator mapel prakarya sub rayon 03 yang mempunyai basic mapel IPA ini memberikan alternatif solusi yaitu Menjadi guru yang “ASIK”, yaitu kepanjangan dari : A = AKTIF S = SENANG I = INOVATIF K = KREAKTIF. (LW)