MGMP Prakarya dan TIK Wonogiri Selenggarakan KKG Pembuatan Bahan Ajar

Gabungan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Prakarya dan TIK kembali menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 In 1 yang diikuti oleh 70 guru SMP Mapel Prakarya dan TIK sewilayah Wonogiri dari Subrayon 01, 02, 03, 04, dan 05  menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 2 Maret 2022 mulai pukul 09.30 WIB secara virtual. Bertugas sebagai moderator Fitria Etika Puri, guru SMPN 1 Baturetno, dan host Ahmad Sidiq Pranoto, guru SMPN 1 Giritontro, yang mengawali membacakan susunan acara dan memandu kegiatan mendengarkan lagu Indonesia Raya.

Kegiatan dibuka oleh Witarsih, Ketua MGMP Prakarya Subrayon 03. Beliau selaku penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah bersedia mengikuti kegiatan ini. Harapannya, meskipun masih dalam situasi pandemi mudah-mudahan kegiatan semacam ini tidak mengurangi semangat guru Prakarya dan TIK di Kabupaten Wonogiri dalam mewujudkan kegiatan kolektif guru yang sudah menjadi program kedinasan yang bersifat wajib.

Acara selanjutnya berupa sambutan dari Koordinator MGMP Prakarya Subrayon 03, Wasito Setyadi. Beliau menyampaikan bahwa sesuai regulasi yang ada, kegiatan pengembangan diri diamanatkan diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Harapannya dari kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalisme dan mutu layanan terhadap peserta didik sehingga kualitas pembelajaran akan meningkat walaupun masih dalam suasana pandemi  covid-19.

Narasumber kegiatan, Lulis Ambarwati, Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri memaparkan materi tentang pembuatan bahan ajar,  Beliau menyampaikan bahwa dalam rangka perencanaan pembelajaran yang secara otomatis ketika menyiapkan perangkat, materi juga disiapkan agar menarik untuk siswa. Penyusunan bahan ajar merupakan bagian tugas pokok guru, salah satu kegiatan yang termasuk dalam kompetensi profesional. Apabila guru melakukan kegiatan ini dan ditindaklanjuti dengan penyusunan modul atau diktat sebagai bahan ajar, maka guru sudah meningkatkan kompetensi profesional. Bahan ajar sebagai pedoman untuk mengarahkan semua aktivitas yang akan dilaksanakan oleh siswa serta kompetensi yang dicapai siswa.  Harapan beliau dalam pertemuan ini, guru profesional dapat menindaklanjuti meningkatkan kreativitas dan meningkatkan bahan ajar agar berdampak positif terhadap anak didik kita.

Setelah selesai paparan materi dari narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab dengan cara raise hand. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan mengenai penyusunan bahan ajar dan dijawab oleh narasumber dengan sangat jelas dan detail. Selanjutnya moderator menyimpulkan beberapa poin penting  tentang pembuatan bahan ajar dan narasumber menyampaikan closing statement. Selanjutnya host menutup KKG Paket 1 In 1 dan panitia  memprogramkan pertemuan KKG selanjutnya.