MGMP Prakarya dan TIK Tuntaskan KKG  Paket 4 Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Prakarya dan TIK Rayon Wonogiri kembali menggelar KKG secara virtual paket 4 inservice ke-2 dengan tema “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website” oleh pengurus MGMP Prakarya dan TIK Subrayon 04 Jatisrono. Kegiatan   inservice ke-2 diselenggarakan secara daring (dalam jaringan) pada Selasa, 12 Oktober 2021pukul 08.00 s/d 10.50 WIB menggunakan Zoom Meeting. Pada KKG paket 4 in 2 ini yang bertugas sebagai panitia adalah MGMP Prakarya Subrayon 04 yang dihadiri oleh 42 guru Prakarya dan guru TIK SMP/MTs Negeri maupun Swasta di Kabupaten Wonogiri. Host dalam kegiatan ini adalah Sulisniyati (SMPN 1 Jatisrono) membuka dan menyiapkan meeting room dan menyapa peserta dari Subrayon 01 sampai dengan 05 untuk memastikan share konten dan audio terdengar dengan jelas. Moderator kegiatan ini Sri Harumi (SMP Negeri 4 Jatisrono) mengawali kegiatan dengan  menyapa narasumber dan peserta  yang telah hadir pada meeting room dan membacakan susunan acara.  Moderator membuka kegiatan dan mengiawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya Indonesia Raya 3 Stanza. Dalam kegiatan ini, ketua MGMP Prakarya Subrayon 04 Danang Sarwodi (Guru Prakarya SMP Negeri 1 Jatisrono), mengawali sambutan menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi kepada Bapak Ibu guru Prakarya dan TIK atas partisipasi dalam mengikuti kegiatan, dan terimakasih  kepada petugas dan panitia sehingga berjalan lancar. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi bapak ibu guru untuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ke depannya, sehingga peserta didik tinggal mengakses halaman tersebut.

Bertindak sebagai narasumber, Sudirman (Guru SMP Negeri 1 Jatisrono). Mengawali materi dengan memberikan motivasi bahwa guru harus siap dengan segala perubahan dengan situasi yang bagaimanapun, tidak boleh surut dalam melaksanakan pembelajaran, guru harus melaksanakan merdeka belajar yang sebenarnya demi kemajuan anak-anak bangsa ini. Pembuatan website untuk pembelajaran diupayakan sebaik dan selengkap mungkin agar peserta didik lebih memahami dan menguasai materi yang disampaikan guru.

Selanjutnya presentasi perwakilan dari Susanto (Guru SMPN 1 Wonogiri) mengenai media pembelajaran berbasis website menggunakan aplikasi Google sites yang telah dibuat, mulai dari beranda, konten video, materi, LKPD, evaluasi dan profil dalam Google Site tersebut. Setelah presentasi selesai kemudian dilanjutkan masukan, kritik dan saran dari narasumber. Narasumber menyampaikan saran mengenai tampilan yang masih kosong untuk ditambah konten agar tampilan kelihatan menarik. Presentasi pembuatan media pembelajaran ini sangat jelas dan detail sehingga para peserta KKG mudah untuk memahami presentasi yang sudah disampaikan. Diharapkan semua peserta KKG dapat membuat website pembelajaran dengan Google Site dan memanfaatkannya dalam PJJ agar pelaksanaan PJJ menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Acara KKG diakhiri dengan doa penutup dan berfoto bersama untuk dokumentasi.