MGMP Prakarya dan TIK Tuntaskan KKG Paket 1  Pembuatan Bahan Ajar

MGMP Prakarya dan TIK pada Selasa 5 April 2022 secara virtual melalui aplikasi Microsoft Teams, menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 In 2. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Kegiatan KKG Paket 1 In 1 yang telah dilaksanakan pada awal bulan Maret 2022.  Sekitar 60 Guru SMP Mapel Prakarya dan TIK se-wilayah Wonogiri dari Subrayon 01, 02, 03, 04, dan 05 berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pukul 09.30 WIB Ahmad Sidiq Pranoto, Guru SMPN 2 Giritontro, sebagai host membuka room meeting, membacakan susunan acara dan memandu kegiatan mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza. Fitria Etika Puri, guru SMPN 1 Baturetno sebagai moderator menyapa peserta dan memulai acara.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator MGMP Prakarya Subrayon 03, Wasito Setyadi yang memberikan ucapan selamat melaksanakan ibadah puasa 1443 H. Harapannya di bulan suci ini sebagai pendidik  dapat menjadi insan yang berkualitas dan bertaqwa. Beliau juga menyampaikan ucapan selamat mengikuti KKG Paket 1 in 2, dengan harapan semoga para peserta KKG nantinya dapat membuat bahan ajar yang menarik sesuai arahan dari narasumber kegiatan.

Witarsih, Ketua MGMP Prakarya Subrayon 03 selaku penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah bersedia mengikuti kegiatan ini. Harapannya, meskipun masih dalam situasi pandemi tidak mengurangi semangat guru Prakarya dan TIK di Kabupaten Wonogiri.

Narasumber kegiatan, Lulis Ambarwati, Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Beliau mengulas sedikit materi pertemuan sebelumnya bahwa penyusunan bahan ajar merupakan kegiatan wajib Bapak Ibu Guru sebagai pendidik yang profesional selain penyusunan silabus dan RPP. Bahan ajar yang menarik tentu akan membuat peserta didik lebih bersemangat dalam belajar dan tentunya nilai mereka akan meningkat.

Salah satu peserta KKG Paket 1 In 2, Yuni Sri Handayaningrum Guru SMPN 3 Jatisrono melakukan presentasi hasil karya pembuatan bahan ajar berupa Modul TIK dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Narasumber memberikan apresiasi dan memberikan pujian terhadap karyanya. Harapan kedepannya lebih dimaksimalkan dan dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dan juga dapat dinilaikan untuk PAK.

Narasumber memberikan closing statement yaitu pada era sekarang sebagai guru dituntut kreatif, dalam masa pandemi pembelajaran daring atau PJJ dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan guru. Siswa dapat mempunyai minat belajar yang lebih tinggi dan bagi guru dapat memanfaatkan pembelajaran online dengan media-media yang menarik untuk peserta didik.

Di akhir sesi, peserta KKG melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG MGMP Prakarya dan TIK Kabupaten Wonogiri dapat bermanfaat karena sebagai guru dituntut harus lebih kreatif dan lebih berinovasi untuk mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.