MGMP Prakarya dan TIK Gelar KKG Pembuatan Media Pembelajaran

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Prakarya dan TIK kembali menggelar KKG secara virtual paket 4 dengan tema “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Website” oleh pengurus MGMP Prakarya dan TIK Subrayon 04 Jatisrono. Kegiatan  in service ini diselenggarakan secara daring pada Kamis, 29 September 2021 pukul 08.30 s.d. 11.45 WIB menggunakan zoom meeting melalui link https://bit.ly/MGMP_PRAKARYA_DAN_TIK. Bertugas sebagai panitia adalah MGMP Prakarya Subrayon 04 yang dihadiri oleh 53 guru Prakarya dan guru TIK Kabupaten Wonogiri. Host kegiatan ini Sulisniyati (SMP Negeri 1 Jatisrono) membuka dan menyiapkan meeting room dan menyapa peserta dari subrayon 01 sampai dengan 05 untuk memastikan share konten dan audio terdengar dengan jelas. Moderator kegiatan ini Sri Harumi (SMP Negeri 4 Jatisrono) mengawali kegiatan dengan  menyapa narasumber dan peserta  yang telah hadir pada meeting room dan membacakan susunan acara. Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan Lagu kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza.

Ketua MGMP Prakarya Subrayon 04 Danang Sarwodi (Guru Prakarya SMP Negeri 1 Jatisrono), mengawali sambutan dengan menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada peserta kegiatan. Beliau juga menyampaikan terima kasih  kepada petugas dan panitia sehingga kegiatan berjalan lancar. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta untuk dimanfaatkan dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sehingga peserta didik tinggal mengakses halaman tersebut.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan kali ini adalah Sudirman (Guru SMP Negeri 1 Jatisrono), mengawali dengan pemutaran video gambaran 10 tahun ke depan mengenai kegiatan orang di berbagai bidang, terutama kebutuhan siswa dalam pembelajaran, peran guru kurang lebih tinggal 15% karena sudah banyaknya pengetahuan yang bisa diakses dari berbagai media informasi. Google Sites merupakan solusi mudah bagi guru yang ingin membuat website sendiri tetapi tidak mengerti koding. Keuntungannya, selain tidak membutuhkan pemahaman koding dan bahasa pemrogramannya, aplikasi ini juga gratis. Kita bebas menggunakan Google Sites untuk website yang akan dibuat.

Selanjutnya pemaparan materi pembuatan media pembelajaran berbasis website menggunakan aplikasi Google sites yang dimulai dari tampilan awal yakni google drive, pembuatan judul website, pengaturan konten, tata letak, penambahan halaman sampai evaluasi. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan setiap pertanyaan dijawab langsung oleh narasumber dengan jelas. Narasumber menyampaikan materi pembuatan media pembelajaran ini dengan sangat jelas dan detail sehingga para peserta KKG  mudah untuk memahami materi.