MGMP Prakarya dan Informatika Subrayon 01 Wonogiri Gelar KKG Paket 1

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Prakarya dan TIK/Informatika Subrayon 01 Wonogiri melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dengan moda luring pada Rabu (15/02/2023). Kegiatan diselenggarakan di SMPN 1 Wonogiri dengan mengusung tema “Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Aksi Nyata”. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 34 peserta. Bertindak sebagai narasumber adalah Sutrisno, Ketua MGMP Prakarya Subrayon 01 yang juga merupakan guru Prakarya di SMPN 7 Wonogiri. 

KKG dibuka oleh pembawa acara Oneke Asri Anggraheni guru SMPN 1 Wonogiri yang juga merupakan Ketua MGMP TIK Subrayon 01. Kegiatan diawali pada pukul 09.30 WIB, dibuka dengan bacaan basmalah, pembacaan susunan acara, dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirijen Ambar Mintarsih. Acara berikutnya prakata dari Mamik Tri Hastuti, guru Prakarya SMPN 2 Wonogiri selaku Ketua MGMP Prakarya Rayon Wonogiri. Dalam sambutannya, Mamik Tri Hastuti memberikan motivasi kepada seluruh peserta KKG agar tetap semangat dalam melaksanakan KKG, sebagai momen yang tepat untuk bertukar pikiran, sekaligus ajang silaturahmi antarguru Prakarya dan TIK/Informatika di Subrayon 01 Wonogiri. Beliau menekankan kepada seluruh peserta untuk menyelesaikan Aksi Nyata Topik 1 sampai dengan 4 di bulan Februari ini untuk selanjutnya melaporkan perkembangan PMM secara individu di aplikasi Pringgondani.  

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh narasumber. Sutrisno memberikan paparan tentang Tips dan Trik Lolos Aksi Nyata bisa diterima oleh validator. Tips dan trik tersebut antara lain: 1) Mengikuti alur seperti apa yang diminta di PMM (harus sesuai dengan topik dan harus sesuai dengan tema); 2) Berikan umpan balik atau feedback; 3) Tuliskan refleksi, kesimpulan atau apa yang sudah kita dapatkan setelah melakukan kegiatan aksi nyata pada topik tersebut; 4) Lampirkan foto kegiatan atau dokumentasi kegiatan, materi yang dipaparkan pada kegiatan atau diseminasi berupa PPT bisa dilampirkan, tetapi jika tidak ada bisa menampilkan hasil atau produk; 5) Hindari plagiasi atau meniru dan kemudian reupload; dan terakhir 6) Berdoa.  

Narasumber menekankan agar seluruh peserta membuat dan benar-benar melaksanakan Aksi Nyata sesuai ketentuan serta mengunggahnya di laman Pelatihan Mandiri sesuai ketentuan agar bisa lulus validasi dan mendapatkan sertifikat. Narasumber menampilkan berbagai macam variasi contoh aksi nyata yang telah dilakukan oleh guru-guru lain yang dapat menginspirasi peserta KKG Prakarya dan TIK/Informatika.  

Setelah narasumber menyelesaikan seluruh paparan dan memberikan berbagai tips agar Aksi Nyata yang dibuat lulus validasi, seluruh peserta melanjutkan diskusi dan pembuatan Aksi Nyata. Peserta KKG mengikuti kegiatan dengan antusias. Mereka saling berdiskusi, tanya jawab, saling berbagi pengalaman, dan bekerjasama dalam melakukan  aksi nyata. KKG Paket 1 In 1 berlangsung selama dua jam dan diakhiri pada pukul 11.30 WIB. Setelah itu, acara ditutup dengan bacaan hamdalah, dilanjutkan dengan sesi pemotretan untuk keperluan dokumentasi.