MGMP PPKn Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri Selenggarakan KKG Paket 2

MGMP PPkn Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2 yang dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan Microsoft Teams dimulai pukul 08.30 – 11.30 WIB pada Rabu, 7 April 2021. Materi pada KKG Paket 2 tentang Pembuatan Media Pembelajaran.  Murtiyani, Guru SMP Negeri 3 Ngadirojo bertugas sebagai Host mengawali kegiatan dengan membuka kegiatan dan menyapa kepada semua peserta KKG Paket 2. Selanjutnya  kegiatan dipandu moderator Ningtyas Kusumastuti, Guru SMP Negeri 4 Wonogiri. Moderator menyampaikan susunan acara kegiatan KKG paket 2. Diawali pembukaan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, kemudian do’a dipimpin Harno, Guru SMP Negeri 5 Wonogiri.

Narasumber Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2 disampaikan Riyatmi, Koordinator MGMP PPKn Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri. Dalam pemaparannya dijelaskan bahwa Alat pelajaran atau peraga merupakan alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran/ bimbingan pada khususnya dan proses pendidikan di sekolah/madrasah pada umumnya. Dijelaskan lebih lanjut bahwa alat peraga ini memiliki fungsi untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunkan dalam proses pembelajaran/bimbingan. Riyatmi menjelaskan bahwa pembelajaran dengan media atau alat peraga akan mampu menarik perhatian siswa. Terkadang siswa kurang tertarik atau antusias terhadap suatu pelajaran dikarenakan materi pelajaran yang sulit dan susah dicerna. Dengan media pembelajaran, suasana kelas akan lebih fresh dan siswa dapat lebih berkonsentrasi, terlebih ketika media pembelajaran yang digunakan bersifat unik dan menarik.

Riyatmi menyampaikan bahwa pembelajaran pada saat pandemi seperti ini sangat diperlukan pemanfaatan teknologi dan komunikasi sehingga diharapkan guru-guru dapat membuat dan memodifikasi alat peraga sehingga tujuan dari PJJ khususnya mata pelajaran PPKn dapat tercapai. Pada sesi lain-lain, Sulistyorini, guru SMP Negeri 1 Wonogiri berbagi pengalaman dalam pembuatan alat permainan pendidikan berupa game. Game pendidikan yang memiliki fungsi agar proses pembelajaran PPKn membuat anak lebih paham dan anak merasa senang dalam belajar.

Di akhir Kegiatan Kolektif Guru (KKG) paket 2 adalah sesi tugas tagihan yaitu Pembuatan alat peraga oleh masing-masing guru anggota MGMP PPKn Subrayon 01 Wonogiri pada link yang telah disediakan panitia. KKG ditutup moderator dengan ucapan syukur karena kegiatan KKG Paket 2 telah berjalan dengan lancar. Acara diserahkan kembali kepada host. Akhirnya Host menutup kegiatan KKG Paket 2 dengan mengucapkan terimakasih kepada narasumber dan seluruh peserta KKG Paket 2 yang telah berpartisipasi dalam Kegiatan Kolektif Guru paket 2 MGMP PPKn Subrayon 01 Kabupaten Wonogiri dan menyampaikan harapan besar akan ada banyak alat – alat peraga yang dihasilkan guru-guru PPKn di Subrayon 01 Wonogiri sehingga pembelajaran PPKn lebih menarik dan tercapai sasaran sesuai tujuan pembelajaran.