MGMP PPKn SR 01 Wonogiri Gelar Vicon Sosialiasi Program Kerja

Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009.

Mengacu hal tersebut maka MGMP PPKn Subrayon 01 Wonogiri mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Kerja MGMP PPKn SR 01 Wonogiri Tahun 2021” sebagai upaya untuk menginformasikan kegiatan kolektif guru  yang akan dilaksanakan di tahun 2021. Kegiatan MGMP PPKn dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi Microsoft Teams pada hari Rabu, tanggal 17 Februari 2021. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Koordinator MGMP PPKn SR 01 Wonogiri, Riyatmi dan Ketua MGMP PPKn SR 01 Wonogiri, Sulistyorini. Sugeng Riyanto selaku moderator dari MTs Negeri 1 Wonogiri dan sebagai host, Ningtyas Kusumastuti, dari SMP Negeri 4 Wonogiri kegiatan ini diikuti 30 peserta guru mapel PPKn yang tergabung dalam MGMP PPKn Subrayon 01 Wonogiri. Vicon ini disambut dengan antusias dari semua peserta, hal ini dibuktikan keaktifan peserta mengikuti kegiatan dari awal sampai berakhirnya meeting room.

Kegiatan diawali oleh Ningtyas Kusumastuti selaku host yang menjelaskan tentang teknis meeting room. Sugeng Riyanto selaku moderator menyampaikan susunan acara pada vicon ini acara dilanjutkan pembukaan dengan memberikan penjelasan  tentang tujuan dari vicon kali ini. Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” .

Memasuki acara inti, Koordinator MGMP PPKn SR 01 Wonogiri, memaparkan tentang  Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Beliau menjelaskan bahwa Pengembangan Diri adalah upaya untuk meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau kebijakan diknas serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni. Kegiatan tersebut dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional atau melalui kegiatan kolektif guru.

Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua guru pada setiap jenjang jabatan. Dalam 1 tahun, guru diwajibkan mengikuti kegiatan KKG/ MGMP paling sedikit 12 kali pertemuan. Setiap paket kegiatan paling sedikit memerlukan 3 kali pertemuan. Kegiatan Kolektif Guru diperoleh dengan cara mengikuti lokakarya atau kegiatan di kelompok/MGMP; mengikuti IHT (30 jam) di sekolah; sebagai pembahas/peserta dalam seminar; koloqium, diskusi panel, dan pertemuan ilmiah lainnya;  dan mengikuti kegiatan lainnya yang sesuai tugas dan kewajiban guru.

 Sulistyorini selaku Ketua MGMP PPKn SR 01 menjelaskan bahwa MGMP PPKn SMP Kabupaten Wonogiri perlu menyelenggarakan kegiatan diklat fungsional di tingkat kabupaten sebagai bentuk penyegaran kompetensi profesional sekaligus menjembatani guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam rangka pemenuhan angka kreditnya. Sedangkan kegiatan kolektif guru diselenggarakan di tingkat subrayon agar mampu menampung dan mewadahi seluruh kegiatan guru mata pelajaran di wilayahnya. Mempertimbangkan alokasi waktu dan pemetaan kegiatan maka kegiatan kolektif guru ini akan diselenggarakan sebanyak 6 paket oleh Pengurus MGMP Subrayon masing-masing.

Adapun 6 paket kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam rentang waktu antara bulan Januari-September 2021. Yang meliputi  Paket 1 RPP dan Bahan Ajar, Paket 2 Penyusunan Assesmen dan Penilaiian, Paket 3 Pembuatan media pembelajaran , Paket 4 Pengembangan  model-model pembelajaran, Paket 5 Pengembangan Aplikasi Platform PJJ, dan Paket 6 Pengembangan Diri dalam PKB.