MGMP PPKn Rayon Wonogiri Gelar Diklat  Fungsional Bekerjasama dengan P2M UNS

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn Rayon  Kabupaten Wonogiri bekerjasama dengan P2M dan GR Filasafat dan Politik Kewarganegaraan menyelenggarakan Diklat Fungsional Model-Model Pembelajaran PPKn,  yang dilaksanakan pada 3 – 10 Maret 2021 pukul 08.00 – 15.00 WIB secara daring model in-on-in.  In pertama pada Rabu, 3 Maret 2021 pukul 08.00 – 15.00 WIB dengan tautan yang sudah dibagikan sebelumnya. In kedua pada Rabu, 10 Maret 2021 pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Diklat dihadiri Kepala Bidang PTK  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Retno Puspito Rini dan Koordinator MGMP PPKn Rayon Wonogiri Agus Marsanto. Selain itu juga 90 peserta guru PPKn Kabupaten Wonogiri.  Betugas sebagai host Ningtyas Kusumastuti, guru SMPN 4 Wonogiri,  moderator Didik Setyanto Aris Purnomo, guru SMPN 1 Purwantoro dan narasumber Machmud Al Rasyid, Erna Yuliandari, dan Winarno, dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Kegiatan diawali dengan mengucap Basmallah, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya Agus Marsanto, koordinator MGMP PPKn rayon Wonogiri  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang sudah hadir. Beliau menyampaikan diklat fungsional yang diselenggarakan saat ini merupakan salah satu program MGMP PPKn Rayon Wonogiri bekerjasama dengan UNS. Sambutan kedua oleh Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Retno Puspito Rini, dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan Diklat Fungsional Model Pembelajaran di MGMP PPKn Rayon Wonogiri. Dilanjutkan dengan penyampaikan materi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Beliau menegaskan kepada peserta bahwa PKB sudah diatur dengan jelas dalam Buku 4, untuk itu dalam melaksanakan PKB seharusnya berpegangan pada Buku 4.

Acara inti Diklat Model-Model Pembelajaran PPKn, sesi pertama oleh narasumber Machmud Al Rasyid, dari UNS dengan materi Empat Pilar Konsensus Kebangsaan Sebagai Materi Pembelajaran PPKn. Dilanjutkan narasumber yang kedua Erna Yuliandari.  Beliau menyampaikan bahwa contoh-contoh  yang disajikan dalam buku siswa saat ini kurang up to date, sehingga sebagai guru yang professional hendaknya kita bisa memberikan contoh-contoh yang up to date.

Pukul 12.15 s.d. 12.45 WIB diklat di skors untuk Ishoma.  Sesi kedua oleh narasumber Winarno,  dengan materi Strategi Pembelajaran PPKn. Dalam penyampaian materi beliau menegaskan bahwa guru harus menguasai empat komponen utama kurikulum yaitu tujuan, materi, strategi, dan penilaian. Setelah penyampaian materi dilanjutkan sesi tanya jawab.

Diklat ini berjalan dengan lancar. Sebelum diklat ditutup ada tugas dari narasumber untuk menyusun RPP dalam kegiatan on mulai tanggal 4, 5, 6, 8 dan 9 Maret 2021. Tugas dikumpulkan pada in 2 hari Rabu tanggal 10 Maret 2021. Kegiatan diakhiri dengan  salam oleh moderator Didik Setyanto Aris Purnomo, dan ditutup oleh host Ningtyas Kusumastuti.